Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis REACT Materi SPLDV

Authors

  • Ristianur Huda Universitas Negeri Malang
  • Rustanto Rahardi Universitas Negeri Malang
  • Hery Susanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.12757

Keywords:

LKPD, ADDIE, REACT, SPLDV

Abstract

Kesulitan penemuan konsep dan pemodelan matematis terhadap materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) sering kali dialami oleh siswa. Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating And Transferring (REACT) menjadi fokus penelitian untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ialah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dan dilakukan uji produk sehingga bernilai valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian yakni 34 siswa MTSs Nurul Yaqin kelas VIIIA dan VIIIB. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan bernilai valid dan layak untuk diuji coba berdasarkan validasi ahli dengan akumulasi skor rata-rata yakni 67% terhadap aspek validasi media, 66% terhadap aspek validasi materi. Melalui uji coba lapangan menunjukkan hasil persentase rata-rata kepraktisan yakni 79% dan efektivitas  84%. Sehingga dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan bernilai valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

Crawford, M. L. (2001). Teaching Contextually. 24.

Dewara, N., & Azhar, M. (2019). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery dengan Mengunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA. Edukimia, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a10

Diana, R. A. (n.d.). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind. Jppm, 11(2), 91–104.

Hidayat, R., & dkk. (2016). Desain LKPD Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Jaring Laba-laba untuk Pembelajaran IPA kelas VIII SMPN 1 Painan. Pillar of Physics Education, 8(1), 113–120. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/2471/1971

Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2018). Developing Mathematics Learning Strategy Module Based on Journal Review. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i2.3110

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable†in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Purwosusilo. (2014). Issn : 2356-3915 30. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta) The, 1(2), 30–40.

Putri, M. E., . M., & Saputro, D. R. S. (2019). The Effect of Application of REACT Learning Strategies on Mathematics Learning Achievements: Empirical Analysis on Learning Styles of Junior High School Students. International Journal of Educational Research Review, 231–237. https://doi.org/10.24331/ijere.518065

Sari, D. P., & Darhim. (2020). Implementation of react strategy to develop mathematical representation, reasoning, and disposition ability. Journal on Mathematics Education, 11(1), 145–156. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.7806.145-156

Sastri, L. Y., Musdi, E., & Hardeli, -. (2018). Validity of React Model Based Learning Devices to Improve Mathematical Communication Ability. 285(Icm2e), 109–113. https://doi.org/10.2991/icm2e-18.2018.25

Sembiring, R. K., Hadi, S., & Dolk, M. (2008). Reforming mathematics learning in Indonesian classrooms through RME. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 40(6), 927–939. https://doi.org/10.1007/s11858-008-0125-9

Wulandari, W. T., & Hamdani, D. (2020). PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI REACT STRATEGY PADA. 3(2), 151–162.

Yunida, L. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Efficacy Siswa.

Downloads

Published

09/08/2022

Issue

Section

Articles