Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika
Abstract
Kemampuan koneksi matematis sangat perlu dikuasai siswa, namun kemampuan siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII dalam memecahkan soal materi statistika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 5 Bantan kepada 22 siswa. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling yaitu tiga siswa dimana dipilih satu siswa pada setiap kategori dan indikator kemampuan koneksi matematika. Adapun instrumen yaitu berupa tes kemampuan koneksi matematis pada materi statistika. Data yang diambil berupa hasil tes tertulis siswa dan hasil wawancara siswa yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) terdapat sebelas siswa yang mendapatkan kategori tinggi, tujuh siswa termasuk dalam kategori sedang, dan empat siswa berkategori rendah; 2) siswa yang memiliki kemampuan rendah kesulitan dalam menyelesaikan soal karena siswa belum mampu menghubungkan antar konsep matematika, siswa juga belum mampu mengkorelasikan matematika dengan ilmu lain, dan siswa juga belum bisa mengaplikasikan matematika pada kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anis, F. N., Susi, S., & Ervin, O. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi, IV(1), 30–33. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5087
Elisahaya, E., & Imami, A. I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).
Femisha, A., & Madio, S. S. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran CTL dan BBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 97-112.
Furqoni, A. N., & Destania, Y. (2020). Pengembangan soal statistika untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 212-228. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.212-228
Nari, N., & Musfika, A. P. (2017). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari kemampuan koneksi matematika peserta didik. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(2), 311-320.
Nurafini, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa: Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 28– 33. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013
Junedi, B., & Sari, E. P. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA. Prisma, 9(1), 87-97. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.915
Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 3(2).
Ningsih, A. A., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 6-13. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2015
Solfitri, T., Siregar, H. M., & Syari, R. (2019, November). The Analysis of Students' Errors in Using Integration Techniques. In Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 328-335).
Nurainah, N., Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siwa SMP Kelas VII Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 61-68. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p61-68
Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566
Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal on Education, 1(2), 309-316. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.68
Sholekah, L. M. A., & Waluyo, A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari koneksi matematis materi limit fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 123–130.
Zainudin, M., & Utami, A. D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Koneksi Matematis. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1). http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12382
Article Metrics
Abstract has been read : 409 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.12718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)