Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Menanamkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VII

Authors

  • Muhammad Alfiansyah Universitas Ahmad Dahlan
  • Rusmining Rusmining Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.12649

Keywords:

Pengembangan, LKPD, RME, Kemampuan Penalaran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid dan praktis untuk menanamkan kemampuan penalaran peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Pundong Kab.Bantul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknis pengumpulan data dilakukan dengan angket yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Lembar angket siswa diberikan ke peserta didik agar mendapatkan respon terhadap pengembangkan LKPD. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat pada data kevalidan dan kepraktisan LKPD yang terkategori valid, dimana ahli materi memberi penilaian dengan persentase rerata 4,63 dengan kategori sangat baik. Ahli media memberikan penilaian dengan persentase rerata 4,83 dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil uji coba respon peserta didik terhadap LKPD, terkategori praktis dimana persentase respon rerata skor 3,30 kategori baik. Sehingga LKPD dengan pendekatan RME dinyatakan valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Keterampilan Proses Di Sman 4 Jember 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350–356.

Ardiyani, S. M., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2018). Realistic Mathematics Education In Cooperative Learning Viewed From Learning Activity. Journal on Mathematics Education, 9(2), 301–310. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5392.301-310

Arsaythamby, V., & Zubainur, C. M. (2014). How a Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities in Primary Schools? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 309–313. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.378

Bariyah, S. H., & Imania, K. A. N. (2018). Implementasi Blended Learning Berbasis Moodle Pada Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Petik, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i2.10

Basuki, W. A., & Wijaya, A. (2019). Students worksheet based on realistic mathematics education: How the effect toward reasoning ability? Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022130

Callejo, M. L., & Zapatera, A. (2017). Prospective primary teachers’ noticing of students’ understanding of pattern generalization. Journal of Mathematics Teacher Education, 20(4), 309–333. https://doi.org/10.1007/s10857-016-9343-1

Dewi, D. R. (2016). Penggunaan Metode Problem Solving Untukmeningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Tentang Lingkaran di Kelas VIII A SMPN 11 Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 43–49.

Handayani, A. D. (2013). Penalaran Kreatif Matematis. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 161–166.

Hidayat, W., Herdiman, I., Aripin, U., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Adversity Quotient (AQ) dan Penalaran Kreatif Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Elemen, 4(2), 230. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.701

Hiebert, J., Morris, A. K., Berk, D., & Jansen, A. (2007). Preparing teachers to learn from teaching. Journal of Teacher Education, 58(1), 47–61. https://doi.org/10.1177/0022487106295726

Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri Di Paud Habibul Ummi Ii. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537

Karsono, K. (2017). Pengaruh penggunaan LKS berbasis hots terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 50–57. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13540

Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesakan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas vii. Mathedunesa, 2(1). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1218

Maharani, S., & Andari, T. (2015). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Linear untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika Berbasis Model Discovery-Inquiry. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 148–152.

Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Matlab. Jurnal Mosharafa, 6(1), 69–80.

Novitasari, D., Rahman, A., & Alimuddin. (2015). Profil Kreativitas Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial Dan Logis Matematis Pada Siswa SMAN 3 Makasar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 41–50. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1315

Pratama, M. H. B. (2021). Implementasi Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 17–28. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.416

Rasiman. (2015). Leveling of Critical Thinking Abilities of Students of Mathematics Education in Mathematical Problem Solving. IndoMS-JME, 6(1), 40–52.

Rusdiana, R., Sutawidjaja, A., Irawan, E. B., & Sudirman. (2018). Students strategies in solving problem of patterns generalization. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(8), 132–135.

Sari, N. I. P., Subanji, & Hidayanto, E. (2018). Diagnosis Kesalahan Penalaran Matematis Siswa Dalam Meynyelesaikan Malah Pola Bilangan. JKPM, Junal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 64–69.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Siregar, N. (2018). Meninjau Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Wawancara Berbasis Tugas Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.268

Smith, K., & Arts, M. E. A. F. (2017). New Materials for Teaching Computational Thinking in Early Childhood Education. Massachusetts Institute of Technology.

Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Candra, S. D. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series, 693(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/693/1/012014

Warsawan, I. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Pecahan pada Siswa Tuna Rungu Wicara Kelas IV SLB / B Negeri Tabanan. Jurusan Pendidikan Dasar, 3.

Downloads

Additional Files

Published

03/08/2023

Issue

Section

Articles