Pengembangan E-module Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Materi Fungsi Komposisi

Authors

  • Febri Nanda Adelia Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahmi Rahmi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Melisa Melisa Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.12038

Keywords:

Fungsi, Flip Pdf Professional, E-module

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk merancangE-module dengan aplikasi Flip Pdf Professional yang valid dan praktis ditinjau dari kemandirian belajar oleh siswa.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan sebagai berikut yakni tahap Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen penelitian adalah angket validasi, angket uji praktikalitas dan angket kemandirian belajar siswa.Berdasarkan hasil penilaian validator yaitu pakar media dan pakar materi diperoleh persentase penilaian akhir kevalidan media pembelajaran 89% dengan kategori sangat valid. Nilai akhir uji coba kepraktisan dengan guru dan siswa diperoleh persentase 86,47% dengan kategori sangat praktis, hasil uji kemandirian belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 74,17% dengan kategori mandiri. Dapat disimpulkan bahwa E-module menggunakan aplikasi Flip Pdf Professional pada materi komposisi fungsi dan fungsi invers sudah layak digunakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alannawa, R. (2021). Analisis Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran Bidang, 10(1), 1 10.

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30.

Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning, 10(1), 50–62.

Heris Hendriana dkk, Hard Skill dan Soft Skill. Bandung : Refika Aditama. (2017)

Nisa, H. A., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-modul dengan Flip PDF Professional Berbasis Gamifikasi terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25.

Novianti, D. E., & Khoirotunnisa, A. U. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Pada Matakuliah Program Linear Prodi Pendidikan Matematika Ikip Pgri Bojonegoro. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 11.

Nuryadi. (2019). Pengembangan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Virtual Mathematics Media Development Based Teams Game Tournament reviewed from Problem Solving Ability Pendahuluan Dalam kurikulum 2013 disebut, 7(2), 114–123.

Rahmi, Anggraini, V., & Melisa. (2014). Pengembangan CD Interaktif pada Perkuliahan Persamaan Diferensial Biasa di STKIP PGRI Sumatera Barat.

Rahmi, Anggraini, V., & Melisa. (2016). Hasil Tahap Define Untuk Merancang Lembar Kerja Mahasiswa ( Lkm ) Berbasis Problem Based Learning Disertai Cd Interaktif Pada Perkuliahan. Lemma Letters of Mathematics Education, II(2), 105–114.

Riduwan dan Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164.

Siagian, M. D. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Winarso, W., & Yuliyanti, D. D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Leaflet Berbasis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Bruner. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 11

Downloads

Published

03/22/2023

Issue

Section

Articles