Analisis Miskonsepsi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menggunakan Four Tier Diagnostic Test
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis miskonsespsi yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Kota Tangerang Selatan, subjek penelitian siswa kelas VII-2 SMN 1 Kota Tangerang Selatan. Pemilihan subjek dengan teknik purposive sampling. Intrumen yang digunakan berupa tes diagnostik empat tingkat, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa subjek penelitian mengalami miskonsepsi teoritikal yang ditandai kesalahan siswa saat memilih alasan jawaban, kesalahan mendefinisikan konsep perbandingan senilai maupun berbalik nilai, kesalahan menuliskan satuan, salah dalam perhitungan serta tidak menuliskan kesimpulan diakhir. Miskonsepsi klasifikasional yang dialami siswa ditandai kesalahan siswa tidak menuliskan keterangan apa yang diketahui dan ditanya, tidak mengubah kalimat matematika kebentuk model matematikanya, kemudian miskonsepsi korelasional ditandai dengan kesalahan siswa dalam menentukan dan menggabungkan rumus yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan.
Kata kunci: Miskonsepsi; Four Tier Diagnostic Test; Perbandingan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, L. A., & Sugiyono. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Geometri Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(11), 1–10.
Anggito & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Annisa, R., Astuti, B., & Mindyarto, B. N. (2019). Tes Diagnostik Four Tier untuk Identifikasi Pemahaman dan Miskonsepsi Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3546
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Leoni, L., Muslim., Malson. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Four Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Operasi Bentuk Akar. Junal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2),771-778. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.284
Miles, M., & Huberman, M. (1994). Qualitative data analysis : an expanded sourcebook (2nd ed.). USA: Sage Publications.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center
Mulyani, S., Santosa, C. A. H. F., & Pamungkas, A. S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Instrumen Tes Four-Tier Pada Materi Aritmetika Sosial. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 79–86.
Natalia, T. K., Subanji, S., & Sulandra, I. (2016). Miskonsepsi pada Penyelesaian Soal Aljabar Siswa Kelas VIII Berdasarkan Proses Berpikir Mason. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1917–1925. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6942
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The United State of America.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume 1): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing. https://read.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-i_5f07c754-en#page4
Putri, R., & Subekti, H. (2021). Analisis mikonsepsi menggunakan metode four tier certainty of response index: Studi eksplorasi di SMP Negeri Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 220-226.
Rahayu, A., Muhsetyo, G., Rahardjo, S. (2016). Pengembangan LKS bercirikan PBL untuk siswa SMP AR-Rohmah Malang kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1056-1066. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6370
Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6,Vol. 6, No. 1. ISSN: 2302-7827
Safira, P. R. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS dengan Menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Gasindo.
Utami, R. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Cara Mengatasinya Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-44. http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2606
Article Metrics
Abstract has been read : 725 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.11035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)