Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Daring untuk Mencapai Student Wellbeing di SMP Kabupaten Serang

Authors

  • Vilzha Syafina Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hepsi Nindiasari
  • Yuyu Yuhana

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.11015

Keywords:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Student Wellbeing

Abstract

Abstrak: Student wellbeing adalah suatu keadaan dimana siswa merasa nyaman didalam lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah RPP matematika daring di SMP Kabupaten Serang sudah mencapai student wellbeing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini subjek yang digunakan adalah 5 guru mata pelajaran matematika dan siswa dari subjek guru matematika di SMP Kabupaten Serang. Subjek penelitian guru pada penelitian ini diambil dari beberapa SMP di Kabupaten Serang yang akreditasinya berbeda. Penelitian ini menggunakan instrumen non tes. Instrumen non tes yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa RPP matematika daring yang digunakan di SMP Kabupaten Serang yang menuju student wellbeing yaitu sesuai.

Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Student Wellbeing.

Abstract: Student wellbeing is a condition where students feel comfortable in the school environment. The purpose of this study was to determine whether the online mathematics lesson plans in SMP Kabupaten Serang had achieved student wellbeing. The method used in this research is descriptive with a qualitative approach. In this study, the subjects used were 5 mathematics teachers and students from mathematics teachers at SMP Kabupaten Serang. The subjects of the teacher research in this study was taken from several junior high schools in Kabupaten Serang with different accreditations. This study uses a non-test instrument. The non-instruments used were observation, interviews, and documentation. The results of this study can be concluded that the online mathematics lesson plans used in SMP Kabupaten Serang towards student wellbeing are appropriate.

 

Keywords: Lesson Plans, Online Learning, Student Wellbeing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambara, M. P. (2016). Pengembangan Sistem Informasi E-Learning Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 137–148.

Ardiyanti, N. M. D., Mahayukti, G. A., & Sugiarta, I. M. (2020). EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMAN KOTA SINGARAJA. Jurnak IKA, 18(2), 136–157.

Delors, J. (1996). “Learningâ€: The Treasure Within, Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-First Century. UNESCO Publishing.

Fadhilah, N. R. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Student Well-Being pada Siswa MAN 2 Kampar. Skripsi.

Harahap, D. H., & Syarifah, R. (2015). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11(1), 20–30.

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23

Junarti, Sukestiyarno, Y., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2020). The Influence of Independent Learning and Structure Sense Ability on Mathematics Connection in Abstract Algebra. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 443(Iset 2019), 57–64. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.011

Juniati, A., Nindiasari, H., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Karakter Siswa SMP dalam Pembelajaran E-Learning. Wilangan, 1(2), 22–36.

Kaylene, & Caroline C. Williams. (2011). Five key ingredients for improving student motivation. Res High Educ J, 12, 1–23. https://scholarsarchive.library.albany.edu/math_fac_scholarhttp://aabri.com/manuscripts/11834.pdf%0Ahttps://scholarsarchive.library.albany.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1000&context=math_fac_scholar

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Khairunnisa, G. F., Maulyda, M. A., Annizar, A. M., & Hijriani, L. (2020). Mathematics communication : translation of Elementary students ’ idea. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 77–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v4i2.781

Kosko, K. W., & Gao, Y. (2017). Mathematical Communication in State Standards Before the Common Core. Educational Policy, 31(3), 275–302. https://doi.org/10.1177/0895904815595723

Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 37–47.

Larusson, J. A., & Alterman, R. (2009). Wikis to support the “collaborative†part of collaborative learning. In International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning (Vol. 4, Issue 4). https://doi.org/10.1007/s11412-009-9076-6

McGregor, D. (2007). Developing Thinking; Developing Learning. Open University Press.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. (1984). Administrasi Pendidikan. Gunung Agung.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.

Parker, D. K. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Prestasi Pustakarya.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 1–10.

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Rizqo, S. N. (2016). Penerapan Strategi Joyfull Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Agama Ilam di SDN 6 Jatimulyo Lampung Selatan. Institut Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.

Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills and Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108–118. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. Elkaf.

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Warsito. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP DARING MELALUI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 101–106.

Wei, C. W., Hung, I. C., Lee, L., & Chen, N. S. (2011). A joyful classroom learning system with robot learning companion for children to learn mathematics multiplication. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2), 11–23.

Yabo, R. S. (2020). The Joyful Experience in Learning Mathematics. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 10(1), 55–67. https://doi.org/10.46517/seamej.v10i1.85

Downloads

Published

03/06/2022

Issue

Section

Articles