Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19

Ni Kadek Kasi Widiantari, I Nengah Suparta, Sariyasa Sariyasa

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan berupa e-Modul pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian pengembangan Plomp yang dibatasi hingga empat tahapan yaitu: (a) tahap investigasi awal; (b) tahap desain; (c) tahap realisasi/konstruksi; serta (d) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Metode pengumpulan data yamg dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa e-Modul pembelajaran matematika bermuatan etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif. Hasil perhitungan skor menunjukkan rata-rata skor validitas dan kepraktisan dengan kategori valid dan baik, serta uji keefektifan terkait kemampuan literasi numerasi dan pendidikan karakter dengan kategori baik. Pengembangan e-Modul ini berhasil dalam meningkatkan literasi numerasi dan pendidikan karakter melalui muatan etnomatematika yang menjadikan pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna.

Keywords


literasi numerasi; pendidikan karakter; e-Modul pembelajaran; Etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas & Sukriyah. 2020. Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 9 No. 2 E-ISSN : 2541-2906.

Fajriyah, Euis. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (1), 114-119.

Haerudin. (2018). Pengaruh Literasinumerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang, 104.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2017.Gerakan Literasi Nasional.Jakarta

Letwinsky, Karim Mediko. (2017). Examining the Relationship between Secondary Mathematics Teachers’ Selfefficacy, Attitudes, and Use of Technology to Support Communication and Mathematics Literacy. International Journal of Research in Education and Science. Volume 3, Issue 1, Winter 2017 ISSN: 2148-9955

Ojose, Bobby. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, Vol. 4, No. 1, pp. 89-100

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1)

Rizki, L.M & Priatna.N. (2018). Mathematical literacy as the 21st century skill. : Journal of Physics: Conf. Series, International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE).

Rosa, M., & Orey, D. C. (2013). Ethnomodeling as a Research Theoretical Framework on Ethnomathematics and Mathematical Modeling. Journal of Urban Mathematics Education, 6(2), 62–80.

Steen, L.A. (2001). Mathematics and democracy: The case for quantitative literacy. Princeton, NJ: National Council on Education and the Disciplines.


Article Metrics

Abstract has been read : 9885 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)