Kolaborasi multi-stakeholder pada praktik corporate social responsibility dalam penanganan sampah di Desa Pengarengan Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i1.9471Keywords:
corporate social responsibility, kerja sama multi-stakeholder, penanganan sampah, pengembangan ekowisata.Abstract
Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang produksi pemanfaatan sumber daya alam, PT. Cirebon Electric Power (CEP) telah melaksanakan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya ialah kegiatan penanganan sampah di Desa Pengarengan, Kabupaten Cirebon melalui kelompok Penggerak Wisata Pengarengan (PESPA). Program ini menjadi penting untuk dilihat dikarenakan memiliki keunikan tersendiri, yakni keberadaan multi-stakeholder di sana yang ikut berperan aktif dan berkolaborasi dalam mengupayakan keberhasilan kegiatan tersebut, mengingat persoalan sampah di sana cukup meresahkan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif yang dipadukan dengan teori implementasi CSR dan kerja sama multi-stakeholder. Data penelitian diperoleh melalui tiga tahap, yakni observasi, wawancara, dan focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran multi-stakeholder yang terlibat dalam kegiatan penanganan sampah ini antara lain: PT. CEP sebagai inisiator, enabler, mentor, dan controller; kelompok Formas PL sebagai implementer dan controller; Pemerintah Desa Pengarengan sebagai regulator dan controller; kelompok PESPA sebagai implementer; tokoh masyarakat sebagai enabler dan controller, dan; DLH Kabupaten Cirebon sebagai regulator dan sekaligus implementer. Namun demikian, kegiatan ini juga memiliki tantangannya tersendiri, yakni mengupayakan adanya konsistensi para stakeholder yang terlibat dan perlunya inovasi-inovasi pengembangan, seperti pemanfaatan sampah plastik menjadi berbagai macam kerajinan atau sampah organik menjadi pupuk kompos.
Downloads
References
Freeman, E. R. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman Publishing: Boston
Giovanni, G,. (2012). PERSPECTIVE-Toward a Behavioral Theory of Strategy. Organization Science, 23(1): pp. 267-285. http:// dx.doi.org/10.1287/orsc.1110.0644.
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Grha Ilmu.
Hair, J.F., Arthur H.M., Phillip, S, & Mike, P. (2007). Research Methods for Business. Chichester: John Wiley & Sons Ltd.
International Organization for Standardization. (2010). ISO 26000: Guidance on Social Responsibility. Geneve: International Organization for Standardization.
Kafaa, A. K. (2019). Social Capital and Multi-Stakeholder Cooperation as a Foundation of Corporate Social Responsibility. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(3), pp. 365-381.
Kemp, M. (2001). Corporate Social Responsibility in Indonesia: Quixotic Dream or Confident Expectation? United Nations Research Institute for Social Development, Technology, Business, and Society Programme. Paper, No. 6.
Moleong, J. L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, H. (1983). Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Sandelowski, Ma. (2000). Whatever Happened to Qualitative Description?. Journal of Research Nursing & Health, 23 (4): pp 334-340.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto, E. (2008). Corporate Social Responsibility: Strategy Management and Leadership. (Paper). Jakarta: Inti Pesan.
Susetiawan, (2012). Implementasi CSR dalam Arena Civil Society: Antara Idealisme dan Realitas. Dalam Susetiawan, et al. Corporate Social Responsibility: Komitmen untuk Pemberdayaan Masyarakat (pp. 3-30). Yogyakarta: Azzagrafika
Susetiawan, Suparjan, Sandi, et al. (2012). Corporate Social Responsibility: Komitmen untuk Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Azzagrafika.
Tennyson, A. (1998). The Works of Alfred Lord Tennyson. Hertfordshire, UK: Word-sworth Editions Ltd.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi Corporate Social Responsibility. Gresik: Fascho Publishing.
Yuda, T. K. (2016). Memaknai Ulang Corporate Social Responsibility: Upaya Mewujudkan Fair Responsibility. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 19 (3), 200-217. doi: https://doi.org/10.22146/jsp.15680.