Penerapan Metode Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Sikap Solidaritas Sosial Dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN Selosari 2 Magetan Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018

Mamik Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap solidaritas sosial dan keterampilan komunikasi siswa kelas V SDN Selosari 2 Magetan Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan investigasi kelompok. Ada beberapa penyebab rendahnya sikap solidaritas sosial dan keterampilan komunikasi IPS, diantaranya karena penggunaan mengajar selama ini masih sangat monoton yang didominasi ceramah sehingga aktivitas anak kurang nampak. Maka menjadi suatu tantangan bagi seorang guru untuk senantiasa melakukan inovasi dalam menggunakan mengajar. Subyek penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kelas V SDN Selosari 2 sebanyak 25 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini peneliti bekerja sama dengan salah seorang guru sebagai kolaborator sekaligus observer dalam mengamati aktivitas belajar siswa. Penerapan investasi kelompok dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan sikap solidaritas siswa kelas V SDN Selosari 2. Aspek keterampilan komunikasi terjadi kenaikan pada siklus 2 daripada siklus 1. Nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 74,5, sedangkan pada siklus 2 naik menjadi 93. Sedangkan aspek sikap solidaritas sosial siswa selama kegiatan belajar mengajar juga mengalami kenaikan. Siklus 1 mendapatkan rata-rata 75,5, sedangkan pada siklus 2 mencapai 90,5. 


Keywords


investigasi kelompok; sikap solidaritas sosial; keterampilan komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Harapan, E. dan Syarwani, A. (2014). Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Huda, M. (2013). Cooperative Learning , Tehnik, Strukturdan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa.2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali.

Tim Bahasa Depdikbud. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grop.

Zainal, A. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.


Article Metrics

Abstract has been read : 798 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats