Peningkatan Prestasi Belajar IPS dengan Menerapkan Metode Picture and Picture dan Menyanyi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Saradan Madiun

Authors

  • Yunita Kusrini SMPN 2 Saradan

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2236

Keywords:

Prestasi Belajar, Picture And Picture, Metode Menyanyi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model picture and picture berbantuan metode menyanyi.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Saradan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adlah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture berbantuan metode menyanyi dalam pembelajaran IPS dalam materi kondisi geografis dan penduduk dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Saradan Madiun.Hal ini ditunjukkan pada siklus I sebanyak 46% tinggi, 36% sedang dan 18% rendah pada siklus II meningkat menjadi 22,72% sangat tinggi, 72,78% tinggi dan 4,5% sedang. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 77,95% menjadi 82,05% pada siklus ke II. Pada aspek afektif pada siklus I sebanyak 78,75% menjadi 83,12% pada siklus II.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmadi, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Panduan Praktis Pengembangan Profesi Guru dan Konselor). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Alfajar, L.H. (2014). Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Skripsi. Yogyakarta: FKIP PGSD

UNY.. 2014. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Skripsi. Yogyakarta: FKIP PGSD UNY.

Aqib, Z. (2015). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hamdani, H. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Sertia.

Hamdani, H. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Mulia.

Hujair Ah Sanaky, 2013.Media Pembelajaran Interaktif- Inovatif. Yogjakarta: Kaukaba Dipantara.

Indien. (2012). http://007indien.blogspot.com/2012/06/model-pembelajaran-picture-and-picture.html.

Sardiman, A.M., (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, A. (20019). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

18-07-2018

Issue

Section

Articles