Beauty privilege dan perilaku konsumtif mahasiswi pengguna produk kecantikan
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v9i2.21208Abstract
Artikel ini bertujuan menjelaskan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura pengguna produk kecantikan MS Glow dalam upaya memperoleh beauty privilege(hak istimewa kecantikan).Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan memanfaatkan kerangka teori nilai-tanda (sign-value) dan nilai-simbol (symbolic value) dari Jean Baudrillard sebagai pisauanalisis utama. Beberapa langkah yang dilakukan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara-mendalam, serta penelusuran dokumen terkait topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif para mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura pengguna produk kecantikan MS Glow cenderung dipicu oleh nilai-tanda (sign-value) dan nilai-simbol (symbolic-value) yang disematkan ke dalam produk-produk kecantikan MS Glow, alih-alih oleh nilai-guna (use-value) dan nilai-tukar (exchange-value) produk-produk tersebut. Para mahasiswi dalam penelitian ini sangat memperhatikan penampilan dan kecantikan diri mereka karena didorong oleh hasrat untuk mendapatkan beauty privilege(hak istimewa kecantikan) dalam lingkaran pergaulan terdekatnya. Di sisi lain, dengan menggunakan tanda, simbol dan brandingcitraperempuan yang cantik dan glowing (bersinar), produk-produk kecantikan MS Glowmampu mendorong para mahasiswi penggunanya untuk menjadi lebih konsumtif demi mengejar beauty privilege (hak istimewa kecantikan).
Downloads
References
Abdullah, I. M., Widiasmara, H., & Ulum, M. S. F. (2022). Representasi Kulit Putih Perempuan dalam Iklan MS Glow. Jurnal Audiens, 3(2), 63-71. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jas.v3i2.11959
Alawiyah, T., & Liata, N. (2020). Mall dan Perilaku Konsumtif Masyarakat Urban. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 1(2), 161-181. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jsai.v1i2.526.
Amalaa, A. (2022). Beauty privilege dalam film imperfect. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 3(1), 106-118. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/js.v3i1.6093
Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172-180.
Anjani, M., Barriyah, I. Q., Susanto, M. R., & Susanto, D. (2022). Mitos Kecantikan sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(2), 402-420. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.785
Ardhiarisa, N. (2021). Representasi Kecantikan Perempuan dan Isu Beauty Privilege Dalam Film (Analisis Semiotika Roland Barthes tentang Film Imperfect Karya Ernest Prakasa). Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 1–14. .
Faristiana, A. R. (2022). Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa Di Masa Pandemi. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era,
Hadiati, C., Rahayu, E. T., & Priya, L. (2023). Beauty and Identity: A Comparative Study of Linguistic Landscape of Beauty Salon in Indonesia and India. Proceedings of the 5th International Conference on Language, Linguistics, and Literature (COLALITE 2023),
Hanunah, N. (2022). Representasi Beauty Privilege Dalam Drama Korea True Beauty Episode 1 Universitas Sriwijaya].
Hidayat, M. A. (2021). Jean Baudrillard dan Realitas Budaya Pascamodern. Cantrik Pustaka.
Islamey, G. R. (2020). Wacana standar kecantikan perempuan Indonesia pada sampul majalah Femina. Jurnal Pikma Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v2i2.5547
Kurniawan, C. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Oktavianingtyas, I., Seran, A., & Sigit, R. R. (2021). Jean Baudrillard and His Main Thoughts. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/prop.v1i2.258
Prabowo, R. R. P. (2020). Pengaruh Konstruksi Standar Kecantikan Oleh Beauty Vlogger Dalam Membentuk Identitas Diri Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia].
Ritzer, G. (2004). Teori sosiologi modern. Pustaka Pelajar.
Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press.
Tresna, T. A. J. (2013). Perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa FIS UNY pada klinik kecantikan. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.(Diakses pada tanggal 5 Mei 2016).
Zahrani, E., Ramadhany, D. T., Iqramullah, N., & Syamsuri, A. R. (2021). Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Paket Basic Wajah MS Glow. Jurnal bisnis mahasiswa, 1(2), 190-204. https://doi.org/https://doi.org/10.60036/jbm.v1i2.17
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Risma Puspita Cahyani, Medhy Aginta Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.