Beauty privilege dan perilaku konsumtif mahasiswi pengguna produk kecantikan

Authors

  • Risma Puspita Cahyani Program Studi Sosiologi, FISIB, Universitas Trunojoyo Madura
  • Medhy Aginta Hidayat Program Studi Sosiologi, FISIB, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v9i2.21208

Abstract

Artikel ini bertujuan menjelaskan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura pengguna produk kecantikan MS Glow dalam upaya memperoleh beauty privilege(hak istimewa kecantikan).Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan memanfaatkan kerangka teori nilai-tanda (sign-value) dan nilai-simbol (symbolic value) dari Jean Baudrillard sebagai pisauanalisis utama. Beberapa langkah yang dilakukan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara-mendalam, serta penelusuran dokumen terkait topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif para mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura pengguna produk kecantikan MS Glow cenderung dipicu oleh nilai-tanda (sign-value) dan nilai-simbol (symbolic-value) yang disematkan ke dalam produk-produk kecantikan MS Glow, alih-alih oleh nilai-guna (use-value) dan nilai-tukar (exchange-value) produk-produk tersebut. Para mahasiswi dalam penelitian ini sangat memperhatikan penampilan dan kecantikan diri mereka karena didorong oleh hasrat untuk mendapatkan beauty privilege(hak istimewa kecantikan) dalam lingkaran pergaulan terdekatnya. Di sisi lain, dengan menggunakan tanda, simbol dan brandingcitraperempuan yang cantik dan glowing (bersinar), produk-produk kecantikan MS Glowmampu mendorong para mahasiswi penggunanya untuk menjadi lebih konsumtif demi mengejar beauty privilege (hak istimewa kecantikan).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Risma Puspita Cahyani, Program Studi Sosiologi, FISIB, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Sosiologi, FISIB, Universitas Trunojoyo Madura

Medhy Aginta Hidayat, Program Studi Sosiologi, FISIB, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Sosiologi, FISIB, Universitas Trunojoyo Madura

References

Abdullah, I. M., Widiasmara, H., & Ulum, M. S. F. (2022). Representasi Kulit Putih Perempuan dalam Iklan MS Glow. Jurnal Audiens, 3(2), 63-71. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jas.v3i2.11959

Alawiyah, T., & Liata, N. (2020). Mall dan Perilaku Konsumtif Masyarakat Urban. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 1(2), 161-181. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jsai.v1i2.526.

Amalaa, A. (2022). Beauty privilege dalam film imperfect. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 3(1), 106-118. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/js.v3i1.6093

Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172-180.

Anjani, M., Barriyah, I. Q., Susanto, M. R., & Susanto, D. (2022). Mitos Kecantikan sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(2), 402-420. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.785

Ardhiarisa, N. (2021). Representasi Kecantikan Perempuan dan Isu Beauty Privilege Dalam Film (Analisis Semiotika Roland Barthes tentang Film Imperfect Karya Ernest Prakasa). Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 1–14. .

Faristiana, A. R. (2022). Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa Di Masa Pandemi. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era,

Hadiati, C., Rahayu, E. T., & Priya, L. (2023). Beauty and Identity: A Comparative Study of Linguistic Landscape of Beauty Salon in Indonesia and India. Proceedings of the 5th International Conference on Language, Linguistics, and Literature (COLALITE 2023),

Hanunah, N. (2022). Representasi Beauty Privilege Dalam Drama Korea True Beauty Episode 1 Universitas Sriwijaya].

Hidayat, M. A. (2021). Jean Baudrillard dan Realitas Budaya Pascamodern. Cantrik Pustaka.

Islamey, G. R. (2020). Wacana standar kecantikan perempuan Indonesia pada sampul majalah Femina. Jurnal Pikma Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v2i2.5547

Kurniawan, C. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Oktavianingtyas, I., Seran, A., & Sigit, R. R. (2021). Jean Baudrillard and His Main Thoughts. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/prop.v1i2.258

Prabowo, R. R. P. (2020). Pengaruh Konstruksi Standar Kecantikan Oleh Beauty Vlogger Dalam Membentuk Identitas Diri Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia].

Ritzer, G. (2004). Teori sosiologi modern. Pustaka Pelajar.

Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press.

Tresna, T. A. J. (2013). Perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa FIS UNY pada klinik kecantikan. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.(Diakses pada tanggal 5 Mei 2016).

Zahrani, E., Ramadhany, D. T., Iqramullah, N., & Syamsuri, A. R. (2021). Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Paket Basic Wajah MS Glow. Jurnal bisnis mahasiswa, 1(2), 190-204. https://doi.org/https://doi.org/10.60036/jbm.v1i2.17

Downloads

Published

12-12-2024

Issue

Section

Articles