Deteksi Dini Tingkat Belajar Siswa Untuk Menghadapi Ujian Nasional Menggunakan Analytical Hierarchy Process

Saifulloh Saifulloh, Hanifah Rahmawati

Abstract


Kesulitan belajar merupakan permasalahan yang banyak ditemui dalam pendidikan sekolah dasar. Fase sekolah dasar dapat diartikan seorang anak mengalami masa tumbuh dan berkembang, dimana perkembangan individual seorang anak pastinya berbeda antara satu dengan anak lainnya. Faktanya Kesulitan belajar merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan seorang guru sekolah dasar, hal ini dikarenakan tendik harus memberikan proses pembelajaran seperti apa agar dapat diterima oleh siswa secara mudah, tepat dan melekat. Untuk meminimalisir problem guru SD Taman 03 Madiun dalam mengatasi kesulitan belajar , penulis melakukan penelitian untuk merancang aplikasi pendukung keputusan untuk membantu para guru mengetahui kemampuan dan daya kembang pola pikir anak. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP), suatu bentuk model pendukung keputusan dimana peralatan utamanya adalah sebuah hierarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia. Sistem pendukung keputusan yang dirancang nantinya digunakan untuk membantu mengetahui kemampuan dan daya kembang pola pikir anak didik selama menuntut ilmu di SDN 03 Taman Kota Madiun, serta mengefektifkan proses penentuan kelayakan kelulusan masing-masing siswa. Kriteria penilaian sebagai parameter yang diperoleh dari objek penelitian adalah nilai ulangan harian, nilai UTS dan nilai UAS di semester 1 dan 2 di masing-masing tingkatan kelas antara kelas 4 sampai dengan kelas 6. Dari hasil pengamatan pengguna diperoleh kelebihan dan kekurangan dalam implementasi aplikasi yakni aspek kelebihannya meliputi memudahkan melihat data siswa, keputusan nilai dan laporan yang signifikan oleh guru dan kepala sekola sedangkan kekurangannya meliputi interface sederhana, data yang digunakan minim (nilai semester) dan belom teruji dalam penggunaan jangka lama sebagai platform pengambilan keputusan penilaian siswa


Keywords


Siswa; Proses Pembelajaran; Keputusan; AHP

Full Text:

PDF

References


Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Diah, P., Dewi, S., & Suryati, S. (2018). Penerapan Metode AHP dan SAW untuk Penentuan Kenaikan Jabatan Karyawan. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 5(1), 60–73. https://doi.org/10.35957/jatisi.v5i1.130

Dimensi, B., Di, T., & Pasuruan, K. (2019). Pengaruh Penugasan Dimensi Tiga Berbantuan Cabri 3d Terhadap Hasil. 2(2), 41–49.

Frieyadie, F., & Ramadhan, S. M. (2018). Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(3), 662–667. https://doi.org/10.29207/resti.v2i3.396

Gustian, D., Sobari, S., Opidin, A., Salastya, F. D., Studi, P., Informasi, S., Studi, P., Informatika, T., Tinggi, S., & Nusa, T. (2015). Penerapan Fuzzy Inference System Dalam Deteksi. 2(1), 28–35.

Hariri, F., & Diana, A. (2021). Application of The Analytical Hierarchy Process (AHP) Method for Decision Support for Teacher Performance Assessment at Madrasah Aliyah (MA) Dail Khairaat Foundation. Systematics, 3(1), 193–210.

Ichsan, M., & Devi, P. A. R. (2021). Penerapan Metode AHP dan OCRA dalam Pengambilan Keputusan Menentukan Santri Berprestasi. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 335–343. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4201

Iswanto, M. E., Siregar, M. U., ’Uyun, S., & Nuruzzaman, M. T. (2021). Recommender systems for specializing new students in the K-13 curriculum using the profile matching, SAW, and a combination of both. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 9(2), 96–105. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2021.13902

Jadiaman Parhusip. (2019). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 18–29. https://doi.org/10.47111/jti.v13i2.251

Muslihudin, M., & Arumita, A. W. (2016). Pembuatan Model Penilaian Proses Belajar Mengajar Perguruan Tinggi Menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighting (Saw) (Sudi : STMIK Pringsewu). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 6–7. https://www.ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1296

Robby Rachmatullah, D. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Monitoring Mahasiswa Menggunakan Metode AHP dan Promethee. Speed, 8(Sistem Pendukung), 1–9.

Sari, D. R., Windarto, A. P., Hartama, D., & Solikhun, S. (2018). Decision Support System for Thesis Graduation Recommendation Using AHP-TOPSIS Method. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.6.1.2018.1-6

Surorejo, S., & Maulana, M. A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pendeteksi Tipe Kecerdasan Anak Menggunakan Metode Fuzzy Logic pada MI Ihsaniyah 02 Kaligangsa. 2(2), 12–19.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916


Article Metrics

Abstract has been read : 256 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v6i1.13080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By.

 

   

   

 

Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
E-mail :  doubleclick@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats