PENERAPAN MODEL MARKETING AIDA+S TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE

Ambardi Ambardi, Ebieta Alya Chasanah, Aam Aminah, Rizky Maulana Pribadi

Abstract


Di Indonesia, terdapat banyak marketplace yang makin berkembang dari tahun ke tahun. Salah satu hal yang dapat memengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk adalah dengan cara promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini ingin menerapan Model AIDAS Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Marketplace. Penelitian ini melibatkan 110 responden yang merupakan konsumen dari sepatu Aerostreet yang berlokasi di Tangerang Selatan yang membeli melalui Marketplace. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penyebaran kuesioner sebagai data primer dan informasi lainnya sebagai data sekunder. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan metode analisis purposive sampling.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Variabel Attention, Interest, Action, Satisfaction memiliki pengaruh yang  positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk  di Marketplace; sedangkan Variabel Desire tidak memiliki pengaruh yang parsial positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk di Marketplace.

Keywords


AIDAS Model, Purchasing Decisions

Full Text:

PDF

References


Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya.

Apriadi, Deni dan Saputra, A. Y., (2017). ECommerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.

Basu, Swastha dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Donni Juni Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung : CV Pustaka Setia.

Edi. (2017). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Suzuki Satria Pada PT. Sinar Galesong Mandiri di Kota Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Erina, et al. (2022). Manajemen Pemasaran: Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern. Cetakan Pertama. Lombok Barat : SEVAL.

Fitrohhana, Shofian. (2015). Efektifitas Metode Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Dalam Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk PT. Djarum (Djarum Super). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang-Indonesia.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. (7 ed). Semarang : UNDIP.

Halimah, et al. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kaos Kaki Pada PT. Soka Cipta Niaga Pada Tahun 2018. Jurnal Vol.4 No.2 Agustus 2018.

Hasan, Iqbal. (2001). Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta : PT Bumi Aksara.

Idris, J., Abd Rahman, S.S. (2017). AIDAS Model, Social Media Marketing and Decision to Patronize of Muslim Friendly Hotel: Model Aida, Pemasaran di Media Sosial dan Keputusan untuk Menginap di Hotel Mesra Muslim. Jurnal Manajemen dan Muamalah. 7(2) : 3-15.

Indriani. (2015). Efektivitas Iklan Produk Tabungan BNI Syariah Ib Hasanah Berakad Wadiah Terhadap Respon Nasabah Dengan Pendekaatan AIDAS (Studi Kasus: Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kotler, P. & Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indeks.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2016. Marketing Management. Global Edition (Vol. 15 E). Global Edition (Vol. 15 E).

Lupioyadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek (Service Marketing Management: Theory and Practice),. Jakarta : Salemba empat.

Oktavianti, S., & Hasrina, Y. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep AIDAS Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Wings Food Di Kecamatan Alang-Alang Lebar. Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang. 9(3), 63-80.

Nurhidayanti, A. D., et al. (2020). Efektivitas Promosi Di Media Sosial Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Di Gallery DEWDEW Collection Berdasarkan Model AIDA. RELASI: JURNAL EKONOMI, 16(1), 1-28.

Narimawati, U., et al. (2020). Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis: untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta : Andi.

Nursani. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen e-commerce Melalui Shopee (Studi Pada Mahasiswa Unisma). e- Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. Vol. 8 No. 9. Universitas Islam Malang.

Rahmawati. (2022). Pengaruh Konsep AIDAS Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Le Minerale (Studi Kasus Warga Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jakarta.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian. Edisi 6 Buku 2.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, R&D. Bandung : Alphabet.

Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen: Teori dan Peranannya Dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Damayanti, Ambardi Ambardi, And Mukhaer Pakkanna. (2020). Analisis Komparasi Pengaruh Model Aida Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Cicilan Emas Pada Dua Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9.2, 123–32

Widyastuti, Sri. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu: Solusi Menembus Hati Pelanggan. Jakarta : FEB-UP Press.

Yusuf, Miah. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies. Cetakan Pertama. Makassar : SAH MEDIA


Article Metrics

Abstract has been read : 372 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v7i2.18043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: