PENGARUH GREEN MARKETING, BRAND IMAGE, DAN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP DI YOGYAKARTA

Imada Intan Adiyantie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Green Marketing, Brand Image dan Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian pada produk The Body Shop di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang pernah melakukan pembelian produk The Body Shop. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen penelitian ynag digunakan adalah kuesioner. Hasil uji instrument menunjukkan bahwa semua data dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji asumasi klasik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan menghasilkan model regresi yang bebas dari multikolonieritas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa:Green Marketing(X1), Brand Image(X2), dan Brand Equity(X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini membawa implikasi untuk mendukung kajian pustaka sebelumnya yang menyatakan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh  green marketing, brand image dan brand equity. Hasil penelitian ini membawa implikasi bagi perusahaan The Body Shop dalam merancang strategi pemasaran yang dapat dilakukan dengan cara memperkuat green marketing , brand image, dan brand equity, guna meningkatkan keputusan pembelian yang tinggi. 


Keywords


Green Marketing; Brand Image; Brand Equity; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aaker, David D. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi 8. Salemba Empat. Jakarta

Adabi, Nadhril. 2020. “Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok.” Jurnal Manajemen 12.

Apriliani, Tiara, and Diana Aqmala. 2021. “Pengaruh Green Brand Image, Green Perceived Value, Green Awareness Dan Green Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Akuntansi 1 (1).

Balawera, Asrianto. 2013. “Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik Di Freshmart Kota Manado.”

Cahyani, N S. 2017. “The Effect of Brand Image, Perceived Prce, And Perceived Quality On Consumers’ Purchase Decision Of Pond’s Skin Care Product.”

Kosasih, M. P. P. 2016. Keandalan, Daya Tanggap Dan Empati Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Princess Cosmetic. Manajemen Dan StartUp Bisnis, 1 (November 2015), 2.

Liya, Inda, Karmila Karmila, Heru Budiono, and Vicky F Sanjaya. 2021. “Pengaruh hallyu wave, brand ambassador, brand image dan wom terhadap keputusan pembelian pada mie sedap selection korean spicy chicken.” REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam 2 (1): 11–26. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7700.

Mahendra, Dominico Freza. n.d. “Green Marketing dan CSR Terhadap Keputusan Pembelian dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi.”

Nurhayati, Siti. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta,” no. 2.

Pandiangan, Kasman, Masiyono Masiyono, and Yugi Dwi Atmogo. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 2 (4): 471–84. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459.

Putra, Pandi. n.d. “Pengaruh Brand Equity dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fiesta Chiken Nugget.”

Resmawa, Ira Ningrum. 2017. “Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating Variabel pada Produk the Body Shop di Surabaya.” Jurnal Aplikasi Manajemen.

Sarah, Yuni, and Sutar Sutar. 2020. “Pengaruh Green Marketing, Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian.” Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen 10 (1): 33–47. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.30.


Article Metrics

Abstract has been read : 419 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v7i2.17152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: