Motivation as a Path in Improving Accounting Understanding
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v9i2.5041Keywords:
Emotional intelligence, Motivation, Learning behavior, Lecturer teaching style, Accounting understanding, Kecerdasan emosional, Motivasi, Perilaku belajar, Gaya mengajar dosen, Pemahaman akuntansiAbstract
ABSTRACT
This study analyzes emotional intelligence, lecturer teaching style, and accounting understanding through motivation and learning behavior. The sample in this study was 239 respondents. Data is processed using SEM path analysis. This study indicates that motivation plays a vital role in teaching and learning success, as measured by understanding accounting. Good emotional intelligence can produce the right motivation. Competent and productive lecturers will be able to foster student motivation to produce high levels of understanding.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh kecerdasan emosional, gaya mengajar dosen, dan fasilitas terhadap pemahaman akuntansi melalui motivasi dan perilaku belajar. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 239 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis jalur SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi memainkan peranan penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar yang diukur dengan pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional yang baik dapat menghasilkan motivasi yang baik. Dosen yang berkompeten dan produktif akan dapat menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa yang akan menghasilkan tingkat pemahaman yang tinggi.
Downloads
References
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7, Juni), 11–21. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Budiadi, D., & Sulistyawati, J. (2013). Pengaruh Kompetensi Dosen, Self Efficacy, Locus of Control, Fasilitas Pembelajaran terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Cahaya Aktiva, 03(01), 36–47.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. In Belajar dan Pembelajaran.
Frunză, V. (2014). Implications of Teaching Styles on Learning Efficiency. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 127, 342–346. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.268
Garkaz, M., Banimahd, B., & Esmaeili, H. (2011). Factors affecting accounting students’ performance: The case of students at the Islamic Azad university. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.216
Hackathorn, J., Solomon, E. D., Blankmeyer, K. L., Tennial, R. E., & Garczynski, A. M. (2011). Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques. The Journal of Effective Teaching, 11(2), 40–54.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.
Hariyoga, S., & Suprianto, E. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. SNA XIV Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 21-22 Juli.
Hein, V., Ries, F., Pires, F., Caune, A., Emeljanovas, A., Ekler, J. H., & Valantiniene, I. (2012). The relationship between teaching styles and motivation to teach among physical education teachers. Journal of Sports Science and Medicine, 11, 123–130.
Iin Sunarti. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNIKU. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(2), 16–33. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.Abstract
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 2(1), 1–12.
Iskandarsyah, D., & Ghozali, I. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Prestasi Mahasiswa Dalam Mempelajari Matakuliah Akuntansi Keuangan Menengah (Studi empiris pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro tahun angkatan 2009 dan 20. Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 289–301.
Kusumasari, N., & Rustiana, A. (2019). Pengaruh Pengalaman Ojt, Fasilitas Belajar, Dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Melalui Motivasi …. Economic Education Analysis …, 8(1), 366–388.
Muhammad, S., Sapri, M., & Sipan, I. (2014). Academic Buildings and Their Influence on Students’ Wellbeing in Higher Education Institutions. Social Indicators Research, 1159–1178. https://doi.org/10.1007/s11205-013-0262-6
Munawarah, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik Deskriptif Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Stain Watampone. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 17(2), 672–682. https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i2.123
Murti, R., & Prasetio, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 94–102.
Novianti, N., Farida, N., & Widiartanto, W. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Terhadap Karyawan Pt. Bpr Artha Mukti Santosa Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 167–176.
Nuraini, F. (2017). Motivasi Belajar Mahasiswa Akuntansi Sebelum Dan Sesudah Menjadi Perguruan Tinggi Negeri (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Angkatan 2012 UPN “VETERAN†Jawa Timur). Journal of Accounting Science, 1(1), 51–61. https://doi.org/10.21070/jas.v1i1.790
Nurhidayah, S., Tri, A., & Budi, L. (2016). Pengaruh Program Life Skills,Fasilitas Sekolah Dan Kemampuan Guru Terhadap Motivasi Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi (Study Empiris Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 2KAYEN). Journal of Management, 2(2), 1–13.
Öztürk, S., & Kutlu, H. A. (2017). Basic Factors That Affect The Students Attitudes Towards Accounting Courses: A Research. Marmara Business Review, 3(1), 9–30. https://doi.org/10.23892/mbrev.2018.17
Parauba, I. (2014). Pengaruh Kecerdasan Intelektial, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 9(2), 53–67.
Ramaraju, A. (2015). a Study on Emotional Quotient Vs Intelligence Quotient of Management Students. International Journal of Management, 6(4), 59–62.
Riswandi, P., & Lakoni, I. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Variabel Moderasi Di PTN Dan PTS Kota Bengkulu. Journal of Accounting Science, 1(2), 143–153. https://doi.org/10.21070/jas.v1i2.972
Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.
Sari, Y. K. (2013). Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sideridis, G. D., & Kaissidis-Rodafinos, A. (2001). Goal importance within planned behaviour theory as “the†predictor of study behaviour in college. British Journal of Educational Psychology, 71(4), 595–618. https://doi.org/10.1348/000709901158695
Steenkamp, L., Baard, R., & Frick, L. (2009). Student Perceptions of the Factors Influencing their Success in First-year Accounting. Focus on First-Year Sucess Perspectives Emerging from South Africa and Beyond. https://doi.org/10.18820/9781920338220/10
Susanti, S., Rispantyo, & Kristianto, D. (2017). Pengaruh Minat Belajar, Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 13, 127–134.
Yanti, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Stie Mikroskil Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 11–20.
Zhang, L. F. (2004). Thinking styles: University students’ preferred teaching styles and their conceptions of effective teachers. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 138(3), 233–252. https://doi.org/10.3200/JRLP.138.3.233-252
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.