Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan HOTS dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pulung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indah Lestari
Muhamad Hanif
Parji Parji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Pulung dengan menggunakan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Subyek peneltian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPN 3 Pulung. Teknik pengumpulan data pada peneltian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes  dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu teknik analisa kualitatif . Adapun hasil penelitian sebagai berikut : 1) Kualitas pembelajaran menggunakan Discovery Learning secara berturut turut dari siklus 1 dan siklus 2 adalah  76,19 dan 90,48; 2) Sedangkan kemampuan HOTS pada prasiklus 16%, siklus 1  dan siklus 2 secara berturut turut yaitu 28  % dan  72 %. Hal ini sudah diatas target dari penelitian yaitu ≥ 50% dan 3) Ketuntasan hasil belajar IPS pada prasiklus 20% sedangkan pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 52% dan 80%. Dari hasil penelitian untuk ketuntasan belajar sudah diatas indicator keberhasilan yaitu 75 % sehingga penelitian ini cukup sampai dua sklus.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks kurikulum 2013.
  2. Bandung : PT Refika Aditama
  3. Arifin, Zainal (2011). Evaluasi Pembelajaran Bandung : Remaja Rosdakarya
  4. Depdiknas (2016) Penilaian. Jakarta : Raja Grafindo
  5. Herdian. 2010. Metode Pembelajaran Discovery.
  6. https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan. Diunduh 2 juli2021
  7. Hosnan, M (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran
  8. Abad 21. Bogor : Graha Indonesia
  9. Purwanto (2011) Evaluasi hasil Belajar .Yogyakarta : Pustaka Belajar
  10. Syah, Muhibbin (2017) Psikologi Pendidikan Suatu pendekatan Baru. Bandung :
  11. PT Remaja Rosdakarya
  12. Sukmadinata, Nana Syaodih (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung
  13. Graha Aksara
  14. Sanjaya, Wina.(2011) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada
  15. Media Group
  16. Wahidmurni, Alifin Mustikawan dan Ali Ridho (2010) Evaluasi Pembelajaran
  17. :Kompetensi dan Praktik Yogyakarta : Nuha Letera
  18. Wina Sanjana (2009), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
  19. Pendidikan Jakarta :Kencana