Tutor Sebaya Dalam Penerapan Integrated Curriculum Bagi Siswa Kelas V SDN Banjaransari 2 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi

Endah Retno Purwantini, Dwi Setiyadi, Aris Wuryantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan penerapan tutor sebaya dalam integrated curriculum  sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Banjaransari 2, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Pembelajaran saat ini lebih banyak menggunakan metode daring, dikarenakan jumlah positif covid19 yang tinggi. Demi keselamatan anak didik kita sebagai tulang punggung bangsa kita, maka pembelajaran daring lebih diutamakan. Namun tentunya banyak sekali kendala yang dihadapi, karena tidak semua siswa memiliki HP. Semisal mereka memiliki HP, kuota internet mereka tidak punya. Atau data seluler yang mereka miliki jumlahnya sangat terbatas, atau provider jaringan data dalam keadaan down. Hal ini tentunya merupakan polemik yang tidak bisa kita hindarkan. Ada beberapa pihak yang memaksa pembelajaran tatap muka dengan kuota terbatas, ada yang tetap berkomitmen belajar daring lebih aman bagi siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan integrated curriculum dengan tutor sebaya merupakan solusi untuk pembelajaran di era pandemi. Karena siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil, ada siswa yang memimpin dalam pembelajaran itu sehingga tercipta belajar berdasarkan zona aman nyaman bagi lingkungan mereka. Selain kelompok kecil diperlukan tutor sebaya sebagai perwakilan guru dalam menugaskan materi kepada siswa. Bisa dipastikan siswa belajar lebih konsentrasi, karena ketika mereka mengalami kesulitan mereka tidak akan malu bertanya kepada temannya.

 


Keywords


integrated curriculum; kelompok kecil; tutor sebaya

Full Text:

PDF

References


Akbar, S.(2014). Studi Meta Analisis terhadap Pengembangan Perangkat dan Implementasi Pembelajaran Tematik di 4 SD. Pengembangan Perangkat dan Implementasi Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran di Sekolah. Malang: Universitas Malang.

Aqib, Zainal.( 2019). Manajemen Belajar & Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : Pustaka Referensi.

Aqib, Zainal. (2020). Profesionalisme Guru dalam pembelajaran, 1(1) 1-5: Yama Widya.

Trianto.(2013). Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. (2012) . Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Sutrisno, dan Herawati S. (2003). Pembelajaran Terpadu.Jakarta :Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Sukmadinata, Nana Syaodih.(2003). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadeli,H.( 2013). Karakteristik Penelitian Kualitatif. Dalam Aminudin (Ed), Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra 12-25. Malang: HISKI Komisariat Malang dan YA3

https://www.kompasiana.com. (2021).


Article Metrics

Abstract has been read : 239 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats