Peningkatan Hasil Penilaian Kinerja Guru SDN Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo Dengan Penerapan Penilaian Porto Folio Tahun Pelajaran 2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yuli Hartanto
Dwi Setiyadi
Aris Wuryantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan peningkatan hasil penilaian kinerja guru SDN Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun kabupaten ponorogo dengan penerapan penilaian portofolio. Pendekatan yang digunakan penelitian diskriptif kualitatif jenis PTS (Penelitian Tindakan Sekolah). Penelitian kualitatif deskriptif  yaitu data yang dihimpun berbentuk kalimat, gambar, bukan angka-angka. Sedangkan  PTS adalah penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti (umumnya juga praktisi) di sekolah untuk membuat peneliti lebih profesional..  Penilaian portofolio meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan sosial. Langkah-langkah dalam penelitian ini dilaksanakan dengan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian. Penilaian dilakukan melalui 2 siklus dengan hasil perbandingan terjadi peningkatan kinerja guru pada siklus ke 2. Hasil penilaian pada kompetensi pedagogik mengalami kenaikan sebesar 7.92 poin, kepribadian 8,49 poin, professional 8,5, dan sosial 13,25 poin.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Anonim, (2011) Buku 2 Pedoman Penilaian Portofolio Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Bahri dan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Danim, Sudarwan. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. CV Pustaka Setia: Bandung.
  4. Departemen Pendidikan Nasional, (2012). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  5. Depdiknas. (2003) Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Jakarta: Depdiknas.
  6. Moleong, Lexy. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. Muslimin (2020) Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru, June, Volume 4 Number 1,2020.
  8. Nurani. (2007). Strategi pendidik dalam menyongsong pelaksanaan sertifikasi guru. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Penyiapan Pendidik dalam Pemerolehan Sertifikat Guru diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
  9. Nurjanah, (2019) Evaluasi Diklat Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (Pkg) Dan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB), Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17 (3), 2019, 284-299,
  10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan.
  11. Sanjaya, (2010) Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran,(Jakarta : Kencana Prenada Medi Group.
  12. Sudirman, N, Drs, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan . Bandung: Rosdakarya.
  13. Suryani, Dkk (2021), Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Penilaian Kinerja Guru (Pkg) Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi, Teknologi Pendidikan | Vol. 10 No. 1 | 2021.
  14. Suyanto dan Jihad, (2013) Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi,Jakarta: Erlangga.
  15. Zainal Abidin dan Sutrisno (2014) Analisis Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam Upayanya Melakukan Penjaminan Mutu Guru di dalam Kelas, Research and Development Journal Of Education Vol. 1 No.01. Oktober 2014