Pembelajaran Menulis Iklan Melalui Media Blog Pada Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12705Keywords:
Menulis Iklan, Media BlogAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang muncul pada penerapan pembelajaran menulis iklan melalui media blog pada siswa kelas VIII-A SMPN 1 Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian diskriftif kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian kualitatif deskriptif mempunyai tujuan untuk mengungkap kenyataan, kondisi, keajaiban, faktor, dan keadaan yang terjadi selama pemeriksaan. Digunakan pendekatan ini karena penelitian ini akan mengkaji rangkaian penelitian dan akan menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang berkaitan dengan: pembelajaran menulis iklan melalui media blog pada siswa kelas VIII- A SMPN 1 Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian yang berkaitan dengan permasalahan yang muncul pada penerapan pembelajaran menulis : (1) Proses  pembelajaran  menulis iklan melalui media blog berlangsung guru dan siswa merupakan dua komponen yang tidak bisa dipisahkan.; (2) Kesulitan dalam menyampaikan materi menulis iklan melalui media blog, pada umumnya guru atau pendidik belum menggunakan media ini secara optimal; (3) Respon  siswa  selama  proses  pembelajaran menulis iklan melalui media blog berlangsung, adalah mereka merasa senang dengan adanya penggunaan media blog saat pembelajaran menulis; (4) Menggunakan webblog siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, dengan blog guru belajar dan mengasah kemampuannya dalam membuat sebuah karya ilmiah atau karya tulis. Dan faktor penghambat dalam penggunaan media webblog dalam pembelajaran adalah (a) sarana dan prasarana pendukung yang terbatas. Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah komputer, laptop, dan infokus. (b) kurangnya ketersediaan jaringan internet dan sinyal.
Downloads
References
Agustin, Mely (2017) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017.
Daslan, Dkk (2019) Kemampuan Menulis Iklan Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Kulisusu, Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra), Vol. 4 No.1, Edisi Januari 2019.
Hariningsih, E & Suyono. (2013). Internet Advertising Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif.JBMA – Vol. I, No. 2, Februari 2013.ISSN : 2252-5483.
Indriani, Rina (2017) Aktivitas Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Contextual Teaching And learning (ctl) di sekolah dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume II Nomor 2, Desember 2017.
Islahuddin (2019) Meningkatkan Kemampuan Menulis Iklan Baris dan Sikap Kemandirian Menggunakan Media Iklan Kodek (Koran Lombok Post) pada Pembelajaran Berbasis Teks Kelas Viii SMPN 1 Selong Tahun 2018/2019, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 2, No 1 (2019).
Muliani. (2015). Motivasi, Komitmen dan Budaya Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Kursus Toefl Preparation pada Pusat Bahasa Universitas Hasanuddin. Jurnal Analisis Vol. 4 No. 2.
Ngatmini, Dkk (2016). Pengoptimalan Blog untuk Menunjang Keterampilan Menulis Bagi Guru SMP Negeri 33 Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 78-89.
Saputra, Hengky & Bayu Widiantoro. (2019) Analisis Prinsip Motion Graphic Flow Pada Iklan Unilever 2019 Yang Berjudul “Setiap U Beri Kebaikan, Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Media Baru, Vol. 2 No.1. Agustus 2019.
Sari, Resmi, dkk (2017) Pengembangan Media Blog Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA, Jurnal Ilmu Budaya, Volume 1 Nomor 4 Edisi Oktober 2017.
Sulasmianti Nova (2018) Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Jurnal TEKNODIK Vol. 22 - Nomor 2, Desember 2017.
Abdurrohman (2019) Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Melalui Kelompok Kecil, dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019.
Febianti, Kurnia (2019) Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Media Blog, Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, Vol 2 No 1 (2019)
Ritonga, Fitri Amelia (2018) Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018.
Akhadiah dkk.(2016) Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Budiarto, R. (2010). Word Press, Not just a Blog. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto, (2011), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.