Pengaruh Penggunaan Metode Picture And Picture Dan Kemampuan Berpikir Logis, Terhadap Ketrampilan Menulis Cerita Siswa Kelas V SDN Segugus 02 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Pada Masa Pandemi 2021/2022

Dwi Rini, V. Teguh Suharto, Dwi Setiyadi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh metode picture and picture terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas V SDN segugus 02 Paron pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19 tahun 2021/2022. 2) Besarnya pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas V SDN segugus 02 Paron pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19 tahun 2021/2022. 3) Besarnya pengaruh interaksi antara penggunaan metode picture and picture dan kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas V SDN segugus 02 Paron pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19 tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN segugus 02 Paron Kabupaten Ngawi. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai dengan September 2021. Sampel diambil sebanyak 3 SD sejumlah 13 siswa dengan teknik sampling ialah multyple stage purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis varians dua jalan. Pengujian hipotesis diperoleh Fh model pembelajaran sebesar 7,71 dengan signifikansi 0,01. Fh kemampuan berpikir logis sebesar 125,12 dengan signifikansi 0,00. Fh interaksi model pembelajaran dan kemampuan berpikir logis sebesar 5,51 dengan signifikansi 0,02. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1)  Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Picture And Picture  terhadap keterampilan menulis cerita siswa Kelas V. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Berpikir Logis terhadap keterampilan menulis cerita siswa Kelas V. 3) Terdapat interaksi antara metode picture and picture dan kemampuan berpikir logis dalam mempengaruhi keterampilan menulis cerita kelas V SDN se gugus 02 Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun Pelajaran 2021/2022

Keywords


picture and picture; pembelajaran konvensional; berpikir logis; menulis cerita

Full Text:

PDF

References


Hook, Sara Ane, et al. 2010. Academic literacy: The importance and impact of writing across the curriculum – a case study. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 10, No. 2, June 2010, pp. 34 - 47.

Lawson, A. E. 1985. A review of research on formal reasoning and science teaching. Journal of Research La Science Teaching, 22(7), 569-617.

Tobin, K. G., & Capie, W. 1980a. The development and validation of a group test of 1ogical thinking. Paper presented at the American Educational Research. Association Meeting, Boston, MA

Widyawati, Wiwik Yully. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. Jurnal Kredo Vol. 2 No. 2 April 2019. (Printed) ISSN 2598-3202. (Online) ISSN 2599-316X 226.


Article Metrics

Abstract has been read : 221 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats