Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494Keywords:
Guru Profesional, New Normal, Pembelajaran DaringAbstract
Downloads
References
Anugrah, D. (2020). Dinamika pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Berita Magelang.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on the teaching – learning process: A study of higher education teachers. Prabadhan: Indian Journal of Management, 13(4). https://doi.org/10.17010/pijom/2020/v13i4/151825
Contreras, G. W. (2020). Getting ready for the next pandemic COVID-19: Why we need to be more prepared and less scared. Journal of Emergency Management, 18(2), 87–89. https://doi.org/10.5055/jem.2020.0461.
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 2020, 1–6. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Dindik Banyumas. (2020). Guru Kreatif, Belajar jadi Lebih Menyenangkan. Online. Tersedia: http://dindik.banyumaskab.go.id/read/31174/guru-kreatifbelajar-jadi-lebih-menyenangkan#.XpB1gv0zbIX. Diakses, 10 Juni 2020.
Dindin J., Teti R., Heri G., Epa P. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2020
Firman, Sari. R.R. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2 (2). 2020.
Hatimah, Ihat. Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, Jurnal Ilmu Pendidikan. 14 (2). 2016.
Irawan H (2020, March 23). Inovasi pendidik sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Ombudsman RI. Retrived from https://www.ombudsman.go.id/news/r/praktek-maladministrasi-yang-terus-berulang-dalam-penyelenggaraan-penerimaan-peserta-didik-baru-ppdb-tahun 2017
Karlsen, H., Mehli, L., Wahl, E., & Staberg, R. L. (2015). Teaching outbreak investigation to undergraduate food technologists. British Food Journal, 117(2), 766–778. https://doi.org/10.1108/BFJ-02-2014-0062
Khan, M., Kazmi, S., Bashir, A., & Siddique, N. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005
Kemdikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Online. Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-setentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19. Diakses, 5 Juni 2020.
Lin, Q., Zhao, S., Gao, D., Lou, Y., Yang, S., Musa, S. S., Wang, M. H., Cai, Y., Wang, W., Yang, L., & He, D. (2020). A conceptual model for the coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak in Wuhan, China with individual reaction and governmental action. International Journal of Infectious Diseases, 93, 211–216. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.02.058
Madrim, S. (2020, April). KPAI: Siswa keluhkan pembelajaran berat di tengah wabah corona. VOA Indonesia.
Melania, E. P. (2020, April). Pembelajaran daring, apakah efektif untuk Indonesia. Kompas.
Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIB Syarif Hidaytullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstre am/123456789/26232/3/WIWI%20MUL YANI-FITK.pdf
Nisa, LC. (2002). Pengaruh Pembelajaran ELearning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistics Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. Jurnal Phenomenon 2(1), 7- 26. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/P henomenon/article/view/416 DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.201 2.2.1.416
Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/1235179 3.pdf
Setiawan, A. R. (2020, April 6). Di Mana Letak Penting Lembaga Pendidikan? Dipetik April 6, 2020, dari Alobatnic: https://alobatnic.blogspot.com/2020/04/dimana-letak-penting-lembagapendidikan.html
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wangi, N. B. S. (2020). Belajar dari krisis pandemi Covid-19, Indonesia butuh kurikulum fleksibel. Lenteratoday.
Watkins, J. (2020). Preventing a covid-19 pandemic. The BMJ, 368(February), 1–2. https://doi.org/10.1136/bmj.m810
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)