Integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar Islam Tepadu Azkia Padang
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6243Keywords:
Level pengintegrasian, nilai-nilai Islam, pembelajaran bahasa IndonesiaAbstract
Salah satu implikasi dari terselenggaranya kurikulum 2013 pada tingkat Madrasah Ibtidayah atau Sekolah Dasar adalah menyatunya beberapa muatan pelajaran (umum) dalam satu tema. Penggabungkan tersebut dengan sendirinya semakin memberikan jarak atau dikotomi antara kelompok muatan pelajaran umum dengan mata pelajaran PAI. Oleh itu, perlu kompetensi yang disebut sebagai integrasi yaitu memadukan muatan pelajaran umum dengan ruh nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkapkan level pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDIT Adzkia Padang. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari penelitiian ini ditemukan bahwa level pengintegrasian nilai-nilai Islam pada pembelajaran bahasa Indonesia di SDIT Adzkia meliputi level filosofis, level metode dan pendekatan research, level materi, level strategi, level evaluasi. Satu hal yang unik yang dimiliki oleh sekolah ini adalah pengintegrasian pada level komunikasi. Level pengintegrasian di SDIT ini juga perlu didukung oleh pengetahuan dan pemahaman guru mengenai worldview pengintegrasian Islam dengan ilmu yang komprehensif tidak hanya pada level aksiologi dan epistimologinya, namun juga ontologinya.
Downloads
References
Adipratama, Z., Sumarsono, R. B., & Ulfatin, N. (2018). Manajemen kurikulum terpadu di sekolah alam berciri khas islam. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 372–380.
Amelia, R. (2012). Merancang Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Islami. An-Nida’, 37(1), 8–14.
Asnawi, A., Fransyaigu, R., & Mulyahati, B. (2016). Konsep Pembelajaran Terpadu dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 3(2), 84–93.
Aulassyahied, Q. (2016). Wacana Studi Interkoneksi Hadis" Telaah Ringkas Pemikiran Hadis Syamsul Anwar". Tarjih: Jurnal Tarjih Dan Pengembangan Pemikiran Islam, 13(2), 171–192.
Bahadorfar, M., & Omidvar, R. (2014). Technology in teaching speaking skill. Acme International Journal of Multidisciplinary Research, 2(4), 9–13.
Blake, R. (2016). Technology and the four skills. Language Learning & Technology, 20(2), 129–142.
Candra, D. (2017). Pelaksanaan Komunikasi Internal Ketua Yayasan Arrisalah Alkhairiyah dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. AL-BALAGH: Jurnal Komunikasi Islam, 2(1).
Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative. Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.
Guessoum, N. (2015). Islam And Science: The next Phase of Debates: with Nidhal Guessoum,“Islam and Science: The Next Phase of the Debatesâ€; and Anindita Niyogi Balslev,“‘Science–Religion Samvada’and the Indian Cultural Heritage.†Zygon®, 50(4), 854–876.
Hafidz, A. (2019). Fenomenologi Annemarie Schimmel: Telaah terhadap Kontribusi Annemarie Schimmel dalam Mengintegrasikan Normativitas dan Historisitas dalam Studi Islam Kontemporer. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1), 994–1002.
Ikhwan, A. (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–16.
Iqbal, M. (2010). Metode Penafsiran al-Qur’an M. Quraish Shihab. Tsaqafah, 6(2), 248–270.
Ismatulloh, A. M. (2017). Etika Berkomunikasi dalam Al-Qur’an Analisis Penafsiran Hasbi Ash-Shiddieqi Dalam Tafsir An-Nur. LENTERA, 1(2).
Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik. Raja Grafindo Persada.
Mukhlasin, A., & Wibowo, R. (2018). Desain Pengembangan Kurikulum Integratif dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tawadhu, 2(1), 364–380.
Munjiat, S. M. (2017). Integrasi Kurikulum Pesantren dan Madrasah pada Pondok Pesantren Manba’ul’ulum Sindangmekar Dukupuntang Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).
Nazarullah, N. (2018). Teori-Teori Komunikasi Massa dalam Perspektif Islam. Jurnal Peurawi, 1(1).
Noviyani, R. (2018). Mengenang Kembali Sosok Mukti Ali dan Pemikirannya terhadap Pendidikan Indonesia Era Milenium. Indonesian Journal of Education and Learning, 1(2), 129–141.
Purwati, N., Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mahanal, S. (2018). Increasing Islamic Junior High School Students Learning Outcomes through Integration of Science Learning and Islamic Values. International Journal of Instruction, 11(4), 841–854.
Quddus, A. (2018). Rekonstruksi model integrasi keilmuan pendidikan Islam melalui islamization of knowledge berbasis tauhid.
Rambe, U. K. (2019). Pemikiran Amin Abdullah. AL-HIKMAH: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 1(2).
Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59–77.
Riyanto, W. F. (2013). Mazhab Sunan Kalijaga. Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum Vol, 47(2).
Saddhono, K. (2015). Integrating Culture in Indonesian Language Learning for Foreign Speakers at Indonesian Universities. Journal of Language and Literature, 6(2), 349–353.
Saleh, M., & Sultan, S. (2016). Pengembangan bahan ajar bahasa indonesia berbasis kurikulum 2013 yang mengintegrasikan nilai karakter bangsa di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 117–129.
Santoso, M. (2014). Peran Pendidikan Dasar Islam Di Surakarta Dalam Membangun Peradaban Umat: Perspektif Masyarakat Madani.
Simanjuntak, D. (2017). Etika Berbahasa Perspektif Al-Qur’an. Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi, 3(2), 55–69.
Sunhaji, S. (2018). The Integration of Science-Technology and Living Environment through Islam Religion Education Learning at Adiwiyata-Based Junior High School in Banyumas Regency. Dinamika Ilmu, 18(2), 179–193.
Wahyudi, R. (2018). Kualifikasi Public Relation Frank Jefkins Persfektif Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 69–77.
Zhang, B. (2013). An Analysis of Spoken Language and Written Language and How They Affect English Language Learning and Teaching. Journal of Language Teaching & Research, 4(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder:Â Â (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)