Penanaman nilai kearifan lokal dalam pembelajaran calon guru di LPTK Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5333Keywords:
Indigenous wisdom, cultural identity, konsep pembelajaran, 21st Century Skills, LPTK PurwakartaAbstract
Downloads
References
Ade, V., & Affandi, I. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Mengembangkan Keterampilan Kewarganegaraan (Studi Deskriptif Analitik Pada Masyarakat Talang Mamak Kec. Rakit Kulim, Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 77–91.
Affandy, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Perilaku Keberagaman Peserta Didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 192–207.
Afiqoh, N., Atmaja, H. T., & Saraswati, U. (2018). Penanaman Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam di Indonesia Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 42–53.
Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1).
Brata, I. B. (2016). Kearifan budaya lokal perekat identitas bangsa. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 5(1).
Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(1).
Darmawan, D., Rian, R. Al, & Herlandy, P. B. (2020). Game Edukasi Adventure Pengenalan Komponen Komputer Untuk Peserta Didik SMK Dar El Hikmah Pekanbaru. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 22–29.
Emzir. (2010). Metode penelitian kualitatif: analisis data. Jakarta: Rajawali Pers.
Herlandy, P. B., & Novalia, M. (2019). Penerapan e-Learning pada Pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan dengan Metode Blended learning Bagi Siswa SMK. Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(1), 24–33.
Kemendikbud, B. K. (2018). Pendayagunaan TIK Wujudkan Pemerataan Pendidikan dan Pemajuan Kebudayaan. Retrieved October 29, 2019, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/03/pendayagunaan-tik-wujudkan-pemerataan-pendidikan-dan-pemajuan-kebudayaan
Majid, N. W. A., & Fuada, S. (2020). E-Learning for Society: A Great Potential to Implement Education for All (EFA) Movement in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(2), 250–258. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/article/view/11363
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). New York: SAGE Publications, Inc.
Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. (2017). Diposisi Berpikir Kritis Matematis Dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Socrates. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9.
Sholihah, D. A., Shanti, W. N., & Abdullah, A. A. (2019). Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika. ION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 383–390.
Syamsidar. (2015). Dampak Perubahan Sosial Budaya Terhadap Pendidikan. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 83–92.
Wardhani, N. W. (2013). Pembelajaran Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Penguat Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Informal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 56 – 66.
Wigunadika, I. W. S. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali. Jurnal Purwadita, 2(2), 91–100.
Wijayanti, A. T., & Sudrajat. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Embentukan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (JIPSINDO), 5(1), 21–43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)