Nidzomul Ma’had dalam pendidikan akhlak di Pesantren Cipari Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4987Keywords:
Pendidikan Akhlak, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, Santri, Sekolah DasarAbstract
Downloads
References
A. Steenbrink, Karel. (1994). Pesantren Madrasah Sekolah : Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.
Abdullah, Aly. (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmed, K. (1970). Some aspects of character building. [Online]. Diakses dari http://www.salaam.co.uk/knowledge/aspects.php. Tanggal 26 Mei 2018.
Aini, Vida Noor. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan di Kelas 3 SD Negeri 2 Blunyahan. (Online). Tersedia di:http://vidanooraini.blogs.uny.ac.id/2017/10/23/.Diunduh tanggal 20 Februari 2019.
Azami, Fadli. (2013). Pengembangan Aspek Nilai Dalam Pendidikan Pesantren di PP Nurul Ummah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), hlm. 75-86. Tersedia di:https://jurnal.ugm.ac.id/jps/article/view/23413/pdf. Diunduh tanggal 1 Desember 2018.
Azra, Azyumardi. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Cet. 1.
Basher, M.O.H. (1982). Islamic Moral Education: An Introduction: Makkah: Ummul Quro University.
Berkowitz, M., & Bier, M. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. (Online). Diakses dari http://www.rucharacter.org/file/practitioners_518.pdf. Tanggal 25 Mei 2018.
Berkowitz, M., & Bier, M. (2017). Toward a Science of Character Education: Frameworks Form Identifying And Implementing Effective Practice. Journal Of Character Education, 13(1), hlm. 33-51. Diakses dari: https://eric.ed.gov/?id=EJ1165179. Tanggal 31 Oktober 2018.
Choer, Abdul. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cooley, A. (2008). Legislating character: moral education in North Carolina’s public schools. Journal Educational Studies, 43(3), hlm. 188-205. doi:10.1080/00131940802117563.
Covey, Steven R. (2010). The 7 Habits of Highly Effective People (7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif). Tangerang: Binarupa Aksara Publisher.
Dawam, Rahardjo. (1995). Dunia Pesantren Dalam Peta Pembaruan, dalam Pesantren dan Pembaruan. Jakarta: LP3ES.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem. Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implikasi. Bandung: Alfabeta.
Haidar, M. Ali. (2005). Pesantren dari Transformasih Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Hakam, Kama Abdul. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. [Online]. Tersedia di: https://kamaabdulhakam.wordpress.com/. Diunduh tanggal 4 Desember 2018.
Hakam, Kama Abdul. (2013). “Pembinaan Karakter Berbasis MBS di Sekolah Dasarâ€. Prosiding Seminar UPGRIS (hlm. 1-35). Tersedia di: http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/mbs_2013/mbs_13/paper/viewFile/328/280. Tanggal 24 Desember 2018.
Hamid, Abdul al-Bilali. (1989). Fiqh al-Dakwah Fii Ingkar al-Mungkar. Kuwait: Dar al-Dakwah.
Hanafi, Muhammad. (2017). Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Budaya, 5(1), hlm. 35-45. Tersedia di:https://journal.unhas.ac.id/index.php/jib/article/view/2356/1277.
Hasbullah. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayat, Komarudin. (2008). Kyai Hamam Dja’far dan Pondok Pabelan:Kesaksian Santri, Kerabat, dan Sahabat. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Isnarmi, Moeis. (2016). Pendekatan Kritis-Transformatif dalam PKn: Sebuah Upaya Pengembangan Karakter (Good Character). Jurnal Social Science, 1(1), hlm. 364-378. Tersedia di: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/196. Diunduh tanggal 4 Desember 2018.
Iqbal, Muhammad Abu. (2013). Konsep Pemikiran Al Ghazali Tentang Pendidikan. Jawa Timur.
Kafrawi. (1978). Pembaharuan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren. Jakarta: Cemara Indah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Hari Sekolah: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Berdasarkan Pengalaman di satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendiknas.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Grand Design Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Menyeluruh. Jakarta: Kemendiknas.
Lanny, Oktavia., dkk. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rene Book.
Lickona, Thomas. (1997). A comprehensive approach to character building in Catholic schools. Catholic Education: A Journal of Inquiry and Practice, 1(2), 159-175. Doi: http://dx.doi.org/10.15365/joce.0102051997.
Lickona, Thomas. (2012). Educating For Character. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mahmudah, Dedeh. (2008). Efektifitas Metode Dakwah Mauidzhotul Hasanah dalam Pembinaan Akhlak Santri At-Taqwa Putra Bekasi. (Online). Tersedia di:http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21299/1.Diunduh tanggal 19 Februari 2019.
Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah. S
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasir, Ridwan. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.
Nofiaturrahmah, Fifi. (2014). Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9 (2), hlm. 201-216. Diakses dari http://ejournal.uin suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/article/view/1313.
Nurhidayat. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Pesantren Pabelan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1), hlm. 129-145. Doi: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4948.
Nuryaman. (2016). Mendikbud Pastikan 5 Hari Sekolah Mulai Tahun Ajaran 2017- 2018.(Online). Diakses dari: http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2016/11/11/.
Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017. (2017). Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kemenkumham RI.
Pradjarta, Dirdjosanjoto. (1994). Memelihara Umat: Kiai Pesantren, Kiai Langgar di Jawa. Yogyakarta: LKiS.
Prastowo, Andi. (2017). Urgensi Waktu Belajar dalam Pendidikan Karakter di SD/MI: Studi Analisis Isi Terhadap Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), hlm. 129-152. DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1724.
Pusat Kurikulum. (2009). Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Litbang Kemendiknas.
Rahmadi, Mamat. (2014). Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(1), hlm. 1-16. Tersedia di:http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6669. Diunduh tanggal 25 Februari 2019.
Sumardi, Kamin. (2012). Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiyah. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), hlm. 280-292. Tersedia di:https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1246/1047. Diunduh tanggal 18 Desember 2018.
Supriatna, Mamat. (2017, 20 Juli). “Penguatan Pendidikan Karakterâ€. pikiran-rakyat.com. Diundah tanggal 9 Mei 2019.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syafe’i, Imam. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), hlm. 85-103. DOI: 10.24042/atjpi.v8i1.2097.
Yahya, Saparudin. (2016). Model Pendidikan Karakter di Pesantren: Studi Kasus di Pondok Modern Al-Syaik Abdul Wahid Kota Baubau Sulawesi Tenggara. (Tesis). Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Zamakhsyari, Dhofier. (2011). Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)