Peningkatan profesionalitas guru untuk mengentaskan masalah siswa dengan teknik assosiasi bebas dan play therapy dalam konseling kelompok

Authors

  • Siti Purwati Sekolah Dasar Negeri Sogo 02 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4909

Keywords:

TEKNIK ASSOSIASI BEBAS DAN PLAY THERAPY, PROFESIONAL GURU, BIMBINGAN KONSELING

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk membantu mengentaskan masalah siswa melalui layanan konseling kelompok dengan menggunakan metode asosiasi bebas dan play therapy. Subyek penelitian siswa kelas VI SDN Sogo 02 Kec. Balerejo Madiun dan waktu penelitian Februari-juni 2017. Dimana teknik analisis datanya menggunakan pendekatan kualitatif(Milles dan Huberman) yang meliputi Koleksi data,reduksi data,pemaparan data,triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Teknik assosiasi bebas membantu memudahkan siswa mengungkap masalah,masalah yang berhasil dihimpun oleh konselor melalui teknik assosiasi bebas yaitu, takut tidak naik kelas, dimarahi orang tua, takut pada guru, tidak mengerjakan tugas,tidak bisa konsentrasi dan dikompas teman. 2. Melalui kegiatan play therapy siswa menjadi senang,akrab, tidak canggung. 3. Pelaksanaan konseling kelompok pada siklus I masih ada siswa yg kurang komunikatif,  dan ada siswa yang sudah menjalankan keputusan konseling tetapi masalah tidak selesai, ada yang belum menjalankan keputusan konseling dan ada yang menjalankan keputusan konseling dimana masalah terselesaikan tetapi timbul masalah baru, sehingga dalam konseling kelompok siklus II konselor melakukan mediasi dengan pihak penyebab masalah dan menggunakan teknik “Kursi Kosong†sehingga dalam konseling kelompok siklus II semua siswa sudah komunikatif dan masalah terselesaikan. Akhirnya dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik assosiasi bebas dan play therapy dalam konseling kelompok dapat membantu mengentaskan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung : Yrama Widya.

Axline, V. (2011). Play Therapy. http://id.wikipedia.org/ wiki

Dinas Pendidikan. (2006). Program Pengembangan Diri Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Dikmenum

Dinas Pendidikan. (2002). Panduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Dikmenum.

Firdha, K.W. (2011). Peranan terapi bermain: Media Indonesia com,

Freud, S. (2011). Assosiasi Bebas. http://id.Wikipedia.org/wiki

Kartini, K. (2003). Kamus Psikologi, Jakarta: Balai Pustaka

Moeloeng. (2004). Teknik Analisis Data dalam penelitian. UTCbWed.

Nani, S. (2008). Drama Sebuah alternatif Obyek Penelitian Bahasa. Jurnal.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling kelompok ( Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudarsono. (1997). Kamus Psikologi, Jakarta: Rineka Cipta.

Zaenudin. (2011). Pelayanan Konseling Dalam KTSP. Jakarta : P4TK

Zaenudin. (2011). Penelitian Tindakan Sekolah Dalam Pelayanan Konseling. Jakarta : P4TK.

Downloads

Published

2019-12-18

How to Cite

Purwati, S. (2019). Peningkatan profesionalitas guru untuk mengentaskan masalah siswa dengan teknik assosiasi bebas dan play therapy dalam konseling kelompok. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 214–219. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4909

Issue

Section

Articles