Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainurrohmah, N., dan Mariana, N. (2018). Refleksi Kritis Terhadap Pandangan Matematika dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 6 (10), hlm. 1706-1717.
Andhani, N., dan Nur’aeni, E.L. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bol 6 (1), hlm. 1-8.
Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal e-DuMath, Vol 1 No 1 Hlm. 52-63.
Ashlock, R.B. (1972). Error Pattern in Computation: A Semi-Programmed Approach. Columbus, Ohio: Charles E. Nerrill Publishing Co.
Astuty, K.Y., dan Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pecahan. Jurnal MATHEdunesa, Vol 2 (3), hlm. 1-7.
Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Dewi, S.R., & Hartanto (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan pada Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol 9 (1), hlm. 9-22.
Fitriana, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Melakukan Operasi Bilangan dengan Media Lingkungan Alam. Laporan Penelitian. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Imelda, M., Yusmin, E., dan Suratman, D. (2014). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3 (2), hlm. 1-13.
Nurhaeni, Pranata, O.H., dan Respati, R. (2019). Pengaruh Media Kartu Bilangan Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bol 6 (1), hlm. 58-67.
Oktaviyani, H., dan Karlimah. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa SD Menggunakan Media Pop Up Book. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia..
Oktaviyani, H., dan Karlimah. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa SD Menggunakan Media Pop Up Book. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 6 (1), hlm. 203-210.
Putri, R.I.I. (2011). Implementasi Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5 (1), hlm. 73-79.
Siagian, MD. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Sciences, Vol 2 (1), hlm. 58-67.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pythagoras, Col 4 (2), hlm. 14-25.
Suryowati, E. (2016). Concept Image Siswa SD tentang Pecahan pada Garis Bilangan. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika IAIN Tulung Agung, ISBN 978-602-61302-0-4, hlm. 101-108.
Ugi, LE., Djadir., dan Darwis, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Daya Matematis, Vol 4 (1), hlm. 34-50.
Wahyudi, W. (2009). Kesalahan Hitung Pengurangan Bilangan Cacah bagi Siswa Sekoah Dasar. Jurnal Pedagogia, Vol. 12 (2).
Widyastuti, NS dan Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis. Jurnal Prima Edukasia, Vol 2 (2), hlm. 183-193.
Article Metrics
Abstract has been read : 18870 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
|