Peningkatan sikap ilmiah dan prestasi belajar menggunakan model Science, Technology, Engineering, and Mathematics di kelas V MIM kramat

Authors

  • Nina Veronica Septine Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Okto Wijayanti FKIP, PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Badarudin Badarudin FKIP, PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4470

Keywords:

Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar, STEM

Abstract

Latarbelakang dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini membahas peningkatan sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis and Mc. Taggart. Tahap dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yakni tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas V MI Muhammdiyah Kramat Tahun Ajaran 2018/2019, yang berjumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian mengalami peningkatan setiap siklus. Peneliti menemukan temuan bahwa semakin tinggi sikap ilmiah yang dimiliki oleh peserta didik maka semakin tinggi juga prestasi  belajar yang dicapai oleh peserta didik. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) dapat meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik pada tema 8 di kelas V MI Muhammadiyah Kramat, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, I., Sopandi, W., & Indonesia, U. P. (2006). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa sekolah dasar pada materi peristiwa alam. 84–97.

El-Deghaidy, H., & Mansour, N. (2015). Science Teachers’ Perceptions of STEM Education: Possibilities and Challenges. International Journal of Learning and Teaching, 1(1), 51–54. https://doi.org/10.18178/ijlt.1.1.51-54

Hunaepi. (2016). Kajian Literatur tentang Pentingnya Sikap Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pusat Kajian Pendidikan Sains Dan Matematika Tahun 2016, 548–550.

Jauhariyyah, F. R., Hadi Suwono, & Ibrohim. (2017). Science , Technology , Engineering and Mathematics Project Based Learning ( STEM-PjBL ) pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 432–436.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2019). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016–2023. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/173124-ID-stem-education-inovasi-dalam-pembelajara.pdf

Sardinah, Tursinawati, & Noviyanti, A. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13, 70–80.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhiya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani, I. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah pada Pembelajaran dengan Model Latihan Penelitian di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PEDADIDAKTIKA), 3(2), 217–227.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Downloads

Published

2019-12-18

How to Cite

Septine, N. V., Wijayanti, O., & Badarudin, B. (2019). Peningkatan sikap ilmiah dan prestasi belajar menggunakan model Science, Technology, Engineering, and Mathematics di kelas V MIM kramat. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 91–99. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4470

Issue

Section

Articles