Efektivitas hasil belajar IPS melalui penggunaan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas IV SDN Ende 5 dan SDI Ende 10
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Ende 5 dan SDI Ende 10 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 95 siswa di mana sampel ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes tertulis untuk mengukur hasil belajar IPS. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran snowball throwing memperoleh skor rerata 80,83 dan siswa dengan metode konvensional memperoleh skor rerata 63,62. Selain itu, hasil uji t dalam taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa t-hitung (11,117) > t-tabel (1,985). Hal ini mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan metode konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhiriyah, D. Y. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 206-219. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/1682
Azzahrah, I.F., Wahyuni, A., & Susanna. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Percobaan Sederhana Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Pendidikan Fisika, 2(1), pp. 87-91. Diakses dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2169/1112
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, NP. K.R., Suadnyana, IN., & Abadi, I.B Gd. Surya. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media AudioVisual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahauan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), pp. 191-197. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12504
Hanum, U., Supriyanto., & Iswari, R.S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Eksresi. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), pp. 173-178. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/8909/5828
Isnawan, M. G., & Zahroni, T. R. (2016). Effectiveness of Cooperative Learning Approach (Snowball Throwing) in Logics Instruction at AMIKOM Mataram. Proceeding of 3rd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science, Yogyakarta: 16-17 May 2016. Hal. 415-418.
Lestari, NM. D., Suniasih, NW., & Darsana, IW. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu-Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn. Journal of Education Technology, 1(3), pp. 163-168. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12500/7830
Oktaviani, M. D. S., Suwatra, IW., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), pp. 89-97. Diakses dari http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662
Raguwan., Gonggo, S. T., & Sabang, S. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bentuk Molekul Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasangkayu. Jurnal Akademika Kimia, 3(1), 1-7. Diakses dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/7773
Rahman, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V pada SDN No. 1 Pantolobete. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 154-167.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Simarmata, N. N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), pp. 79-86. Diakses dari http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13854
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutiani, K., Suarni, NK., & Dibia, IK. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 2(3), pp. 173-182. Diakses dari http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15956
Yuliati. (2015). Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear di Kelas XI-IS-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3(2), 65-78. Diakses dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5718
Article Metrics
Abstract has been read : 2847 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
|