Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD

Authors

  • Karimatus Saidah UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
  • Rian Damariswara FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320

Abstract

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk mengembangkan bahan ajar materi dongeng yang di peruntukkan kelas tiga sekolah dasar dengan mengangkat kearifan lokal Jawa Timur (2) Mengetahui kevalidan bahan ajar materi dongeng yang telah dikembangkan (3) Mengetahui kepraktisan bahan ajar materi dongeng yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh borg & Gall.Tahapan borg and gall diantaranya sebagai berikut a.analisiskebutuhan danpengumpulandata, b. Tahap perencanaan, c. pengembangan rancangan produk, d. ujitahap awal(validasi), e. revisiprodukawal f. ujicobalapangan terbatas, g. revisiproduk, h. uji lapangan, i. penyempurnaanprodukakhir, j. diseminasidanimplementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang di kembangkan dinyatakan sangat valid, sangat tuntas dan dapat digunakan dengan skor 85.8% berdasarkan hasil validasi dari ahli pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar dilakukan validasi kepada pengguna dan uji coba. Hasl validasi pengguna menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dengan skor 91 %. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa siswa dapat menggunakan bahan ajar dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Damariswara, R. (2018). Konsep Dasar Kesusastraan. Banyuwangi: LPPM IAI Ibrahimy.

Danandjaja, J. (1986). Dongeng. Bandung: Angkasa.

Febriyani, M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Doengen Banyumas Bagi Siswa Kelas Rendah. Skripsi

Mudlofir, A. (2011). Aplikasi KTSP dan bahan Ajar dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Wali Pers.

Saidah, K. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pengenalan Nilai-Nilai Kearifan Lokal di SDN Burengan 2 Kota Kediri. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1),30-39,

Semi, M.A. (2002). Buku Pendukung Pengajaran Sastra. Dalam Sastra Masuk Sekolah

(Editor Riris K. Toha-Sarumpaet). Magelang: Indonesiatera.

Sibarani, R. (2014). Kearifan Lokal Gotong-royong Pada Upacara Adat Etnik Batak

Toba. Medan : Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara

Wahyuni, R. (2014). Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.

Wahyuni, H. T., Styosari, Punaji & Kuswandi D. (2016) . Implementasi Pembelajaran Tematik kelas 1 SD. Jurnal Edcomtech, 1(2).

Downloads

Published

2019-06-21

How to Cite

Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 73–81. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320

Issue

Section

Articles