Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320Abstract
Abstrak
Â
Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk mengembangkan bahan ajar materi dongeng yang di peruntukkan kelas tiga sekolah dasar dengan mengangkat kearifan lokal Jawa Timur (2) Mengetahui kevalidan bahan ajar materi dongeng yang telah dikembangkan (3) Mengetahui kepraktisan bahan ajar materi dongeng yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh borg & Gall.Tahapan borg and gall diantaranya sebagai berikut a.analisiskebutuhan danpengumpulandata, b. Tahap perencanaan, c. pengembangan rancangan produk, d. ujitahap awal(validasi), e. revisiprodukawal f. ujicobalapangan terbatas, g. revisiproduk, h. uji lapangan, i. penyempurnaanprodukakhir, j. diseminasidanimplementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang di kembangkan dinyatakan sangat valid, sangat tuntas dan dapat digunakan dengan skor 85.8% berdasarkan hasil validasi dari ahli pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar dilakukan validasi kepada pengguna dan uji coba. Hasl validasi pengguna menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dengan skor 91 %. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa siswa dapat menggunakan bahan ajar dengan baik.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Damariswara, R. (2018). Konsep Dasar Kesusastraan. Banyuwangi: LPPM IAI Ibrahimy.
Danandjaja, J. (1986). Dongeng. Bandung: Angkasa.
Febriyani, M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Doengen Banyumas Bagi Siswa Kelas Rendah. Skripsi
Mudlofir, A. (2011). Aplikasi KTSP dan bahan Ajar dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Wali Pers.
Saidah, K. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pengenalan Nilai-Nilai Kearifan Lokal di SDN Burengan 2 Kota Kediri. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1),30-39,
Semi, M.A. (2002). Buku Pendukung Pengajaran Sastra. Dalam Sastra Masuk Sekolah
(Editor Riris K. Toha-Sarumpaet). Magelang: Indonesiatera.
Sibarani, R. (2014). Kearifan Lokal Gotong-royong Pada Upacara Adat Etnik Batak
Toba. Medan : Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara
Wahyuni, R. (2014). Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.
Wahyuni, H. T., Styosari, Punaji & Kuswandi D. (2016) . Implementasi Pembelajaran Tematik kelas 1 SD. Jurnal Edcomtech, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)