Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep

Fajar Budiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar Pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN Gapura Timur I Sumenep. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN Gapura Timur I Sumenep Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tematik analisis. Hasil menunjukkan kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah berdasarkan;(1) Guru terbiasa dengan menggunakan metode konvensional, (2) kurikulum yang digunakan masih menggunakan kurikulum lama yaitu KTSP; (3) Guru selalu menyajikan soal yang sifatnya textbook; (4)Guru selalu memberikan soal latihan yang hanya fokus pada tingkatan C1-C3; (5) Guru kelas jarang sekali menggunakan media pembelajaran. Selain aspek guru dan siswa, juga kesulitan belajar siswa dalam pemecahan masalah dapat ditelusuri melalui beberapa aspek diantaranya: (1) Keluarga, (2) Ekonomi, (3) Sosial dan Budaya

Keywords


kesulitan belajar; pemecahan masalah; pelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Creswell, J.W. (2014). Research Design, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Nasution. (2011). Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah, Surabaya: Unesa University Press.

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Ridwan, M. (2016). Ajaran moral dan karakter dalam fabel kisah dari negeri dongeng karya mulasih tary (kajian sastra anak sebagai bahan ajar di sekolah dasar). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 6(01), 95-109

Ridwan, M. (2017). Tradisi nyanyian anak terhadap pembentukan karakter anak usia sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 49-61.

Ridwan, M. (2018). Learning of local environmental wisdom in oral literature of madurese traditional song in sumenep. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education, 2(1), 93-103

Ridwan, M., & Ridwan, M. (2016). Pendidikan karakter berbasis permainan tradisional siswa sekolah dasar di sumenep madura. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” (pp. 131-135). Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Bimbingan dan Konseling.

Ridwan, M., & Wahdian, A. (2017). Structure, function and value the tradition of oral literature in sumenep madura. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 1(1), 252-273.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sumardi Lalu. 2012. Revitalisasi Pembelajaran IPS SD Sebagai Upaya Menciptakan Peserta Didik yang Berkarakter. Vol 11 No 2 September 2012, 157 – 164.

Suryanti. (2008). Model-model Pembelajaran Inovatif, Surabaya: UNESA University Press.

Susanto, A. (2014). Pengembanagan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Winataputra, & Udin S. (2011). Materi dan Pembelajaran IPS SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran, Jakarta: GP Press Group.


Article Metrics

Abstract has been read : 3073 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats