Peningkatan ketrampilan senam lantai siswa kelas VI SDN Dempelan 01 melalui pembelajaran langsung dengan metode JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2366Keywords:
keterampilan senam lantai, penelitian tindakan kelas, jigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan keterampilan senam lantai siswa kelas VI di SDN 01 Dempelan Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan 14 siswa sebagai responden. Tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, hasil yang didapatkan keterampilan senam lantai siswa mengalami peningkatan. Perbandingan skor pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar. 63,90; 69,37; dan 76,51. Keterampilan melakukan gerakan berguling, melakukan gerakan sikap lilin dan melakukan gerakan split dan meroda mengalami peningkatan.Â
Downloads
References
Mahendra, A. (2008). Pengembangan Kecakapan Hidup dalam Pendidikan Jasmani Pengembangan Kecakapan Hidup dalam Pendidikan Jasmani, 18–19.
Munasih, S. (2016). Meningkatkan kreatifitas gerak dasar lempar tangkap bola lunak melalui pembelajaran jigsaw. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 17(1), 56–63.
Permatasari, D. aji, Priyono, B., & Rustiadi, T. (2016). Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations. Jurnal of Physiscal Education, Sport, Health and Recreations, 5(3), 5–8.
Sari, W. K. S., Sugiarto, T., & Purnami, S. (2003). Rangkaian sederhana siswa kelas viii di SMP Negeri 2. Pendidikan Jasmani, 26(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7726.g3545
Suharjana, F., Sriawan, S., & Pambudi, A. F. (2010). Pelatihan inovasi pembelajaran senam dengan pendekatan pola gerak dominan bagi guru-guru Penjasorkes SD di Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Yogyakarta.
Sujadi, U. (2008). Journal of Physical Education. Journal of Physical Education, Sports, Health and Recreations, 17(1), 107–116. Retrieved from http://www.periodicos.uem.br/ojs/index.php/RevEducFis/article/view/3377
Soemitro. (1992). Permainan kecil. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Bimbingan Tenaga Kependidikan
Wijaya, D. H., & Ferianto T.K, B. (2017). Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe tgt (team games tournament) dengan tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (Studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Srengat). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 297–305.
Wuryantoro, K., & Muktiani, N. R. (2011). Meningkatkan Keterampilan Senam Meroda Melalui Permainan Tali Pada Siswa Kelas Viiia Mts Ma ’ Arif Nu. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2), 89–99.
Yuarsa, H., Purnomo, E., & Yunitaningrum, W. (2013). Hubungan kelentukan togok dan kekuatan otot lengan terhadap hasil belajar sikap lilin Hendra Yuarsa, Edi Purnomo,Wiwik Yunitaningrum. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)