Peningkatan ketrampilan senam lantai siswa kelas VI SDN Dempelan 01 melalui pembelajaran langsung dengan metode JIGSAW

Authors

  • Yusuf Yusuf SDN 01 Dempelan

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2366

Keywords:

keterampilan senam lantai, penelitian tindakan kelas, jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan keterampilan senam lantai siswa kelas VI di SDN 01 Dempelan Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan 14 siswa sebagai responden. Tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, hasil yang didapatkan keterampilan senam lantai siswa mengalami peningkatan. Perbandingan skor pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar. 63,90; 69,37; dan 76,51. Keterampilan melakukan gerakan berguling, melakukan gerakan sikap lilin dan melakukan gerakan split dan meroda mengalami peningkatan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mahendra, A. (2008). Pengembangan Kecakapan Hidup dalam Pendidikan Jasmani Pengembangan Kecakapan Hidup dalam Pendidikan Jasmani, 18–19.

Munasih, S. (2016). Meningkatkan kreatifitas gerak dasar lempar tangkap bola lunak melalui pembelajaran jigsaw. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 17(1), 56–63.

Permatasari, D. aji, Priyono, B., & Rustiadi, T. (2016). Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations. Jurnal of Physiscal Education, Sport, Health and Recreations, 5(3), 5–8.

Sari, W. K. S., Sugiarto, T., & Purnami, S. (2003). Rangkaian sederhana siswa kelas viii di SMP Negeri 2. Pendidikan Jasmani, 26(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7726.g3545

Suharjana, F., Sriawan, S., & Pambudi, A. F. (2010). Pelatihan inovasi pembelajaran senam dengan pendekatan pola gerak dominan bagi guru-guru Penjasorkes SD di Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Yogyakarta.

Sujadi, U. (2008). Journal of Physical Education. Journal of Physical Education, Sports, Health and Recreations, 17(1), 107–116. Retrieved from http://www.periodicos.uem.br/ojs/index.php/RevEducFis/article/view/3377

Soemitro. (1992). Permainan kecil. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Bimbingan Tenaga Kependidikan

Wijaya, D. H., & Ferianto T.K, B. (2017). Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe tgt (team games tournament) dengan tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (Studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Srengat). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 297–305.

Wuryantoro, K., & Muktiani, N. R. (2011). Meningkatkan Keterampilan Senam Meroda Melalui Permainan Tali Pada Siswa Kelas Viiia Mts Ma ’ Arif Nu. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2), 89–99.

Yuarsa, H., Purnomo, E., & Yunitaningrum, W. (2013). Hubungan kelentukan togok dan kekuatan otot lengan terhadap hasil belajar sikap lilin Hendra Yuarsa, Edi Purnomo,Wiwik Yunitaningrum. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).

Downloads

Published

2018-06-27

How to Cite

Yusuf, Y. (2018). Peningkatan ketrampilan senam lantai siswa kelas VI SDN Dempelan 01 melalui pembelajaran langsung dengan metode JIGSAW. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 54–59. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2366

Issue

Section

Articles