Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Purwati Handayani SDN SUKOLILO 03 MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1245

Keywords:

Keterampilan Sosial, Permainan Tradisional Congklak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan menggunakan permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Sukolilo 03 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian kualitatif dan dilaksanakan dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SDN Sukolilo 03 Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan hasil bahwa dari 21 siswa, pada siklus I yaitu 7 siswa yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik (kriteria penelitian) mencapai 33,3% dengan rata-rata kriteria cukup. Pada siklus II yaitu 17 siswa yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik (kriteria penelitian) mencapai mencapai 81% dengan rata-rata kriteria baik. Selain itu, hasil nilai siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I yaitu rata-rata kelas 72,4 dengan kriteria cukup (66,7%) dengan jumlah 14 siswa. Pada siklus 2 yaitu rata-rata kelas 82,4 dengan kriteria baik (85,7%) dengan jumlah 18 siswa. Hasil nilai siswa pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan dengan siswa yang sudah tuntas mencapai ≥ 80% dari jumlah seluruh siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arie, V. (2015). Hore, Aku Tinggi Cerita Seru Permainan Tradisional, Solo: Tiga Serangkai.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyani, N. P. D. (2014). Permainan Tradisional: Media Pembelajaran di Kelas BIPA, Bali: Asile 2014 Conference.

Dewi, S.A.A.A., Suardika, R.W.I., & Ganing, N.N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbasis Permainan Edukatif Sing To Remember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1), 89 – 96.

Goleman, D. (2005). Working with Emotional Inteligence (Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Khasanah, I. (2011). Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA. 4(2), 67 – 73.

Rifai, M. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran STAD pada Pembelajaran IPS Siswa Kela IV MIN Manisrejo Kota Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 193 – 201.

Tatalia, G.R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Pemetaan Pikiran (MIND MAPPING) Dengan Mempertimbangkan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pembelajaran, 3(1), 1 – 10.

Yusmadi. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas VI SDN Karangdowo, Jurnal Karya Pendidikan, 2(2), 56 - 63.

Downloads

Published

2017-06-27

How to Cite

Handayani, P. (2017). Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Mata Pelajaran IPS. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(01), 39–46. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1245

Issue

Section

Articles