Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Melalui Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Teori Van Hiele

Nyai Cintang, Ari Meiza Nurkhasanah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III SDN Pekunden. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskripsi prosentase. Hasil penelilitan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Pada tes awal masih terdapat miskonsepsi dengan rata-rata 55,9 dan prosentase keberhasilan siswa 11% dengan kategori sangat rendah. Pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 88,69 dan prosentase keberhasilan siswa 100% dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus II rata-rata 86 dan prosentase keberhasilan 100% dengan kategori sangat tinggi. Siklus II dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada level selanjutnya. Pada siklus I siswa mampu mencapai tingkat visualisasi, dan terjadi peningkatan pada siklus II. Siswa mampu menguasai level visualisasi dan analisis. Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan konstruktivisme berbasis teori van hiele dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran geometri materi bangun datar kelas III SDN Pekunden

Keywords


Teori Van Hiele; Pendekatan Konstruktivisme; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Ausubel. (1968). Educational Psycology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart, and Winston

Clements, D. H., & Battista, M. T. (1992). Geometry and Spatial, New York : Macmillan Publishing

Dahar. R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Driver, R. (1988). Changing Conceptions. Tidjschrift voor didaktiek derwetenschappenoe, jaargang, 6(3), 161-198.

Muhsetyo, G., Krisnadi, E., Karso, K., Wahyuningrum, E., Tarhadi, T., & Djamus, D. (2008). Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

NCTM. (2000). Mathematics Assessment: a Practical Handbook for grade 6-8. Reston : Virginia.

Hawa, S. (2007). Teori Belajar Bruner Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Universitas Terbuka

Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 19 Nov 2014.

Klausmeier, H.J. (1977). Educational Experience and Cognitive Development. Educational Psychologist, 12(2), 179-195

Lisa Rostika, D. (2008). Pembelajaran Volume Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1).

Sasmita, I. G. A. L., Wirya, I. N., & Margunayasa, I. G. (2013). Pengaruh Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Desa Sinabun. Jurnal Mimbar PGSD, 1.

Sudjana, A. (2008). Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-sifatnya di SD. Yogyakarta : PPPPTK

Sukayasa. (2015). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu Terhadap Konsep Volume Bangun Ruang. Jurnal Kreatif. 18(1)

Yadil. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP Karunadipa Palu Terhadap Konsep Bangun-bangun Segiempat. Prosiding Seminar Nasinal Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta 5 Des 2009.


Article Metrics

Abstract has been read : 3471 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats