Media Pembelajaran Trainer Kit Elektropneumatik pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronik di SMK Negeri 4 Kota Serang

Johan Whisnu Adji, Didik Aribowo, Mohammad Fatkhurrohman

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research dan Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa trainer kit dan jobsheet elektropneumatik pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik, mengetahui tingkat kelayakan serta keefektifannya pada kegiatan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analyze (Analisis) meliputi analisis masalah, analisis kebutuhan, dan analisis kurikulum, selanjutnya (2) Design (Perancangan) meliputi perancangan desain trainer kit dan jobsheet serta perhitungan estimasi kebutuhan dan biaya, selanjutnya (3) Development (Pengembangan) meliputi pembuatan produk penelitian dan pengujian tingkat kelayakannya, selanjutnya (4) Implementation (Penerapan) meliputi pemberian tes kemampuan awal siswa serta implementasi penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik kelas XII kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri SMK N 4 Kota Serang, terakhir tahap (5) Evaluation (Evaluasi) meliputi pemberian tes hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan, serta pemberian angket respon pengguna siswa. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini berupa trainer kit dan jobsheet elektropneumatik yang sekaligus menjadi objek utama penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, kuisioner (angket) dan tes hasil belajar. Adapun pengujian tingkat kelayakan media pembelajaran melibatkan tiga ahli media dan tiga ahli media pembelajaran, serta untuk uji coba penggunaan dilakukan oleh siswa kelas XII program keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Kota Serang. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh skor kelayakan media pembelajaran trainer kit elektropneumatik berdasarkan evaluasi ahli media sebesar 3,85 dengan kriteria “Sangat Layak”, skor kelayakan media pembelajaran jobsheet elektropneumatik berdasarkan ahli materi sebesar 3,73 dengan kriteria “Sangat Layak‟, dan skor N-gain sebesar 0,715 dengan kriteria media pembelajaran “Efektifitas Tinggi”.

Keywords


ADDIE, Media pembelajaran, Trainer kit elektropneumatik.

Full Text:

PDF

References


Zulfahmi. 2013. Indikator Pembelajaran Aktif dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1 Nomor 4, 278-284.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yunianto, A. 2017. Modul Elektronika dan Mekatronika: Limit Switch dan Sensor Pada Pneumatik dan Elektropneumatik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Fata, M. R. 2017. Modul Elektronika dan Mekatronika: Elektropneumatik dan PLC Siemens. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Branch, R. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media.

Yahya, W. 2018. Desain Media Pembelajaran Sistem Kontrol Elektropneumatik Berbasis Programmable Logic Controller. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), Volume 3, Nomor 1, 42-49.

Ardi, Pramudya., Munoto., & Buditjahjanto, Asto. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Robot Transporter pada Mata Kuliah Elektromekanik S1 Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), Volume 2, Nomor 1, 8-12.


Article Metrics

Abstract has been read : 1010 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :