Kajian Penerapan Blended Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi pada Matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Authors

  • Umi Kholifah Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5166

Keywords:

Komunikasi, kolaborasi, Blended Project Based Learning

Abstract

Penyatuan matakuliah teori dan praktikum memunculkan beberapa masalah yaitu jam studi menjadi lebih singkat dan materi yang harus dimampatkan. Blended Project Based Learning yang diintegrasikan dengan kemampuan abad 21 (kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi) dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan Blended Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi pada matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer ditinjau dari perolehan skor setiap indikator dan uji perbedaan dua kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika UM angkatan 2017. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar frekuensi perolehan indikator komunikasi dan kolaborasi pada kelas B lebih tinggi daripada kelas C. Kelas B mendapatkan skor rata-rata kemampuan komunikasi sebesar 89,51 dan 91,30 untuk kolaborasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ATC21S. (2013). Assessment & Teaching Of 21st Century Skills. Germany: Springer.

N. Pheeraphan. (2013) . Enhancement of the 21st Century Skills for Thai Higher Education by Integration of ICT in Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 103. (365–373).

M. C. Sahin. (2009). Instructional design principles for 21st century learning skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 1, No. 1. (1464–1468).

P21. 2017. The Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework. Washington DC: Partnership for 21st Century Skills.

Z. Arifin. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Theorems. Vol. 1, No. 2. (92–100).

Siti Zubaidah. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 2, No. 2. (1–17).

J. T. Elektro. 2014. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro.Malang: Universitas Negeri Malang

Husamah. 2015. Thinking skills for environmental sustainability perspective of new students of biology education department through blended project based learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 4, No. 2. (110–119).

H. Husamah. 2015. Blended Project Based Learning: Metacognitive Awareness of Biology Education New Students. Journal of Education and Learning (EduLearn). Vol. 9, No. 4. (274)

S. Pathmantara. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno. Vol. 26 No. 2. (100–107).

H. Sofyan. 2006. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Bidang Kejuruan,†Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol. 25, No. 2. (291–308).

N. W. Rati and N. Kusmaryatni. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6, No. 1.(60–71).

Y. Iriantara. 2014. Komunikasi Pembelajaran: Interaksi Komunikatif dan Edukatif di dalam Kelas. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

F. Lunenburg. 2010. Formal Communication Channels: Upward, Downward, Horizontal, and External. FOCUS on Colleges, Universities & Schools. Vol. 4, No. 1.(1–8).

J. Santrock. 2014. Child Development. 14th ed. New York: McGraw-Hill.

C. M. Adams. 2006. Promoting a Culture of Parent Collaboration and Trust.

I. Elfiky. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Hikmah.

U. Palangka and R. K. Tengah. 2017. KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM DUNIA PENDIDIKAN Yossita Wisman. NOMOSLECA. Vol. 3, No. 2. (646–654).

I. W. Redhana. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 3, No. 1. (2239–2253).

B. Andayani and U. G. Mada. 1999. Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Tertulis Melalui Pendekatan Perspektif. Psikologi. Vol. 1, No. 1. (41–50).

A. Wulan Sari. 2016. Pentingnya Ketrampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 2, No. 1. (1–10).

W. Ning and D. Kumalaretna. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 6, No. 2. (195–205).

D. N. Wardani, A. J. Toenlioe, and A. Wedi. 2018. Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 1, No. 1. (13–18).

Z. Zainuddin, C. Muftia Keumala, A. Room, and M. Wah. 2018. Blended Learning Method Within Indonesian Higher Education Institutions. Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol. 6, No. 2. (69–77).

Downloads

Published

26-09-2019

Issue

Section

Articles