Pengembangan Trainer KIT Sensor Berbasis ATMEGA32 Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Sensor dan Tranduser
Abstract
Atmega32 Sebagai Media Pembelajaran. Dalam pembelajaran mata kuliah sensor dan
transduser kurang adanya media trainer di laboratorium praktikum Pendidikan Teknik
Elektro, membuat mahasiswa kurang aktif dan jenuh dalam pembelajaran serta minat belajar
mahasiswa menjadi berkurang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and
Development (R&D) dengan metode ADDIE yang meliputi: (1) Analysis (Analisis), (2)
Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5)
Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro
Universitas PGRI Madiun. Subyek penelitian adalah satu kelas mahasiswa semester 4 yang
berjumlah 11 orang dan obyek penelitian adalah media pembelajaran trainer kit sensor.
Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket dengan lima pilihan jawaban untuk
ahli media dan mahasiswa. Media pembelajaran ini divalidasi oleh 2 ahli media
pembelajaran. Berdasarkan hasil unjuk kerja dari trainer diketahui bahwa rangkaian yang ada
dapat bekerja dengan baik. Sedangkan hasil kelayakan media pembelajaran ditinjau dari 2
ahli media mendapatkan skor persentase 82,33% dan dikategorikan “sangat layak”. Uji
pemakaian dinilai berdasarkan angket yang di isi oleh 11 orang mahasiswa dan hasil dari uji
pemakaian ini mendapatkan skor 83,68% dan dikategorikan “sangat layak”.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Riduwan & Sunarto. 2015. Statistikan Untuk Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan
Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Setyowati, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan
Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7 (1) 24-30.
(http//journal.unnes.ac.id, diunduh 25 juli 2017).
Article Metrics
Abstract has been read : 620 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :