Analisa Proses Pembelajaran Siswa SMK Elektronika Industri Melalui Penggunaan Slide Presentasi dan Video Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Simpang Kanan

Authors

  • Rina Umayya Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Malahayati Malahayati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fathiah Fathiah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v9i1.19424

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Tutorial, Slide Presentasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan kerena belum tersedianya media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi kepada siswa, hal ini terlihat dari siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung yang masih berpusat pada guru, sehingga kurang kesempatan siswa untuk aktif. Penelitian dengan tujuan untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi pada mata pelajaran penerpan rangkaian elektronika. Penelitian eksperimen yang melibatkan 1 kelas saja. Metode penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest – posttest. Hasil dari penelitian ini adalah nilai pretest adalah sebesar 76 sebelum menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi, dan setelah menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi untuk nilai posttest sebesar 85.6 Hasil uji hipotesis diperoleh menggunakan uji sample paired T test. t hitung sebesar 3,15789 dan nilai t tabel sebesar 2,77645. Hasil ini menunjukkan taraf signifikan kurang 0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan atau peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan slide presentasi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rina Umayya, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Pendidikan Teknik Elektro

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles