Konsep Penjumlahan pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Cerita Pendek

Salwa Isya Mawarda

Abstract


AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan konsep penjumlahan pada anak usia dini di mana dalam hal ini sendiri menggunakan cerita pendek yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran harian, guru secara rutin menggunakan metode bercerita dalam cakupan pejumlahan sebagai metode utama berdampingan dengan metode-metode lain yang sesuai untuk pendidikan anak. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian di peroleh dari metode research library pada berusia 5 6 tahun. Hasil Penelitian menunjukkan kemampuan kognitif anak yang berkembang optimal sesuai dengan tahapan usia dan tahapan perkembangan anak serta sesuai potensi yang dimiliki masing-masing anak. Kemampuan yang berkembang meliputi: menerima dan mengungkapkan bahasa, ingatan, berpikir realistis, mengenal bilangan, mengamati sesuatu dengan teliti dan rinci. Kemampuan kognitif anak usia dini dapat berkembang secara optimal didukung oleh berbagai faktor secara kolaboratif, diantaranya: tersedianya berbagai media belajar yang sesuai dengan materi yang akan disajikan, pemilihan dan penggunaan metode yang sesuai guna menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak. Metode bercerita baik menggunakan alat maupun tanpa alat, merupakan metode yang paling sering digunakan guru untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak.

Keywords


Anak Usia Dini, Media Belajar, Kemampuan Kognitif Anak, Mengenal Bilangan, Optimal

References


Kamilah, A. (2021). TUGAS AKHIR PENGARUH PERMAINAN BIANGLALA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN. JAKARTA: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH .

Khadijah. (2020). ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol.3 No.1 , 69-82.

Rita Kurnia, G. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. . Surabaya: CV. Jaka Piblishing.

Sri, T. (2019). Alternative Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 3 Issue 1.

Sum, T. A. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vo. 4 No. 2., 1 - 8.

Zulfitria, D. (Mei 2021). PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 No 1. , 53-60.

Kertiasih, N. K. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK SISWA SLB/C. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 10(1).

Syahidan, E. (2019). Keterampilan Menulis Dalam Cerita Pendek.

Tabelessy, Novita (2021). METODE BERCERITA UNTUK SISWA SD Jurnal Pengabdian Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 1, No. 1, Hal. 36 - 42


Article Metrics

Abstract has been read : 231 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v11i1.14369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats