Perbedaan Komunikasi Ilmiah Siswa Melalui Implementasi Kartu Kuarted

Isnaeni Nur Widiyanti, Mobinta Kusuma, Muriani Nur Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan komunikasi ilmiah melalui implementasi kartu kuartet dan respon siswa setelah menggunakan implemtasi kartu kuartet. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain posttest only control grup. Lokasi penelitian ini adalah salah satu sekolah menengah pertama di kramat kabupaten tegal. Metode pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji purposiv sampling, uji intrumen yang meliputi uji validitas teoritis (validitas isi dan konstruk), uji validitas empiris (rasch model), uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas), anlaisis uji hipotesis (independen sample t-test) dan analisis kuesioner. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: hasil perbedaan komunikasi ilmiah siswa melalui implementasi kartu kuartet dengan menggunakan independen sample t-test memperoleh yang signifikan yaitu 0,00 < 0,05, dan respon siswa setelah menggunakan kartu kuartet sangat tinggi

 

This study aims to determine the differences in scientific communication through the implementation of quartet cards and student responses after using the implementation of a quartet card. Research conducted using a qualitative approach. This type of research is an experiment with a posttest only control group design. The location of this study is one of the junior high schools in Kramat Tegal. Methods of data collection using tests, questionnaires and documentation. Data analysis techniques used were purposive sampling, instrument testing which included tests of theoretical validity (content and construct validity), empirical validity tests (rasch models), analysis prerequisite tests (normality tests, homogeneity tests), analysis of hypothesis tests (independent sample t- test) and questionnaire analysis. The results of this study state that: the results of differences in scientific communication of students through the implementation of a quartet card using an independent sample t-test obtained a significant of 0.00 <0.05, and the response of students after using a quartet card is very high


Keywords


Scientific Communication, Students, Quarted Cards

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. “Media Pembelajaran”. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Falahudin, I. 2014. “Pemanfaatan media dalam pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Fauziyah,T.A. 2017. ”Pengembangan Media Permainan Sains Quartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Ketrampilan Berkomunikasi”. Pendidikan Sains, 5(02).

Fenti, S., Patonah, S., & Nuroso, H. 2017. “Pengembangan Instrumen Keterampilan Komunikasi Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2).

Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem”. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Redhana, I. W. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Scot S.2008. “Perception of Students Learning Critical Thinking through Debate in a Technology” Classroom: A Case Study The Journal of Technology Studies.

Slameto. 2010. “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiarti, I. 2012. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Mts Ma’arif NU 7 Sawojajar brebes pada Sub Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar “.(Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Sugiyono. 2015. “Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D)”. Bandung: Alfabeta.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. 2014. “Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Umar, N. H. M., Parmin, P., & Wusqo, I. U. 2016. “Pengaruh Media Kartu Pintar Tumbuhan Berbasis Science Edutainment Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Tema Gerak Tumbuhan”. Unnes Science Education Journal, 5(2).

Yaumi, Y. 2017. “Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII”. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1).


Article Metrics

Abstract has been read : 759 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats