Pengaruh STAD Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Pontianak

Sellina Yessi Wulandari, Laili Fitri Yeni, Titin Titin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achivement Division berbantuan buku saku terhadap hasil belajar siswa MAN 1 Pontianak di kelas X pada materi keanekaragaman hayati. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebanyak 17,57 sedangkan pada kelas kontrol 16,29. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji U Mann-Whitney  < menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif Student Team Achivement Division dengan model konvensional. Nilai Effect size diperoleh sebesar 0,69 dengan kategori sedang, memberikan pengaruh sebesar 25,49%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati.


Keywords


Hasil belajar; STAD; keanekaragaman hayati

Full Text:

PDF

References


Andari, T. (2015). Perbandingan Metode Eksplinsit Instuction dan Student Team Achievement Division Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pokok Bahasan Lingkaran Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sawahan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(2), 1-10.

Anjelita, Ria., Syamswisna., & Eka, A. (2018). Pembuatan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(7), 1-13.

Ami, Susantini & Raharjo. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal Unesa, 1(2), 10-13.

Ardian, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 05(1), 1-13.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Djamarah, S.B. & Zain A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryani, Widodo & Afriani. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol 7 (2), 55-64.

Junanto, T. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 90-104.

Khairiyah, Dkk. (2011). Implementasi Lesson Study Menerapkan Model STAD untuk meningkatkan Interaksi, Eksplorasi, dan Motivasi Siswa pada Bahasa Disversi di Kelas XII IPA SMA Negri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 28-37.

Khan, G, N. (2011). Effect of Student’s Team Achivement Division STAD of Achademic Achievement of Student. Journal Asian Social Science, 4(12), 211-215.

Laksita, Suparwoko & Sri.(2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dalam Bentuk Pocket Book pada Materi Alat Optik serta Suhu dan Kalor untuk Kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 14-17.

Lamba. (2006). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 13(2): 122-128.

Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik, Metodelogi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta:Teras.

Nurtanto, S. (2014) Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-13.

Rahmawati, D. (2015) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Flipbook Terhadap Hasil Belajar Sisw SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(3), 1-12

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sartika, M. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA. MA Kelas XI. Jurnal Bioedu, 5(4), 1-14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyani, D.H.N., Jamzuri, & Raharjo, T.D (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Media Pocket Book pada Materi Kinimatika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 164-171.

Suyono, E. (2016) Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Kooperatif STAD pada Kompetensi Laju Reaksi Kelas XI IPA3 Semester 1 SMAN 1 Polokerto Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 4(1), 49-60.

Sutrisno, L. (2010). Pengambilan Sampel. (Online). (http://www.Scribd.comdo c/-13190444/ meta-analisis-effect –size#scribd.

Tiantong, L & Teemuangsai, S. (2013). Student Team Achievement Divisions (STAD) Technique through the Moodle to Enhance Learning Achievement. Journal International Education Studies, 6 (4), 85-92.

Tran, V.D. (2013). Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievement, and Attitudes of Grade 9th Secondary School Students towards Mathematics. Internasional Journal of sciencies. 2 (1), 1-15.

Yani, A & Ningsih, K. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

dalam Mata Kuliah Statistik Dasar pada Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Matematika dan IPA, 9(1), 31-39.

Zulhartati. (2011). Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada Pembelajaran IPS. Jurnal Guru Membangun, 26(2), 1-8.


Article Metrics

Abstract has been read : 1022 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats