Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Edutainment untuk Mengoptimalkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 67 Palembang

Yusri Pandan Wangi, Ali Fakhrudin, Patricia H.M Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pengembangan e-modul interaktif berbasis edutainment untuk mengoptimalkan minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 67 Palembang sudah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development). metode pengembangan ini menggunakan jenis metode ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 67 Palembang Penelitian pengembangan ini menggunakan instrumen dalam bentuk angket atau kuesioner yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Instrumen ditujukan untuk mengetahui kualitas E-Modul yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa e-modul interaktif berbasis edutainment untuk mengoptimalkan minat belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 67 Palembang yang dikembangkan tergolong bahan ajar yang valid, praktis dan efektif untuk peserta didik yang didesain lebih menarik dan tidak membosankan. Maka dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Edutainment untuk Mengoptimalkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 67 Palembang” dapat disimpulkan yaitu hasil pengembangan E-Modul Interaktif berbasis Edutainment dinyatakan valid dari data yang telah diperoleh melalui validasi dari beberapa ahli yaitu ahli media sebesar 86,00%, ahli materi sebesar 86,33% dan ahli bahasa sebesar 84,33% yang termasuk dalam katagori sangat valid. Hasil pengembangan pengembangan E-Modul Interaksi berbasis Edutainment dinyatakan praktis dari data yang telah diperoleh melalui lembar angket peserta didik uji kelompok kecil (Small Group) sebesar 83,67% dalam kategori sangat layak. Hasil pengembangan E-Modul Interaktif berbasis Edutainment dinyatakan efektif dari data yang diperoleh melalui uji kelompok besar (Large Group) dengan rata-rata N-Gain 0,91% termasuk dalam kategori tinggi

Keywords


Pengembangan e-modul interaktif, edutainment, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Angraini, W. (2022). Pengaruh Pengembangan Media Flip Builder Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 15 Bengkulu Tengah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 153–160. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/488

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Putri, H., Zafri, Z., & Ofianto, O. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Jurnal Halaqah, 1(1), 32–44.

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165–178. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Syakuroh, K., & Lubis, P. H. . (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD. 7(September), 2–25.

Tafonao, T. (2013). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Kominukasi Pendidikan, 2(2), 103-114.


Article Metrics

Abstract has been read : 112 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats