Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Gorontalo Utara dalam Memecahkan Masalah Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills

Fatmala Pakaya, Nancy Katili, Majid Majid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) melalui soal tipe Higher Order Thingking Skills (HOTS). Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 29 orang dan seorang guru matematika. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa dan tes essay. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru meningkat dari 63,34 % menjadi 83,33 % dalam kategori baik dan sangat baik. Selanjutnya hasil pengamatan kegiatan siswa meningkat dari 57,15 % menjadi 82,15 % dalam kategori baik dan sangat baik. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 58,6 % menjadi 86,2 %. Dari penelitian diatas terdapat manfaat dalam mengaplikasikan soal tipe Higher Order Thingking Skills (HOTS) ialah bisa meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan daya tangkapnya dalam  mempelajari matematika.


Keywords


Hasil Belajar; Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Full Text:

PDF

References


Arsyad, R. N., Pomalato, S. W. D., Abbas, N., & Achmad, N. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 48–56.

Az-Zahra, R. A., Murtafiah, W., & Sanusi, S. (2022, August). Efektivitas model pembelajaran take and give dengan media kartu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi di smk pgri wonoasri ditinjau dari motivasi belajar. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 238-245).

Choiriyah, Churun. 2021. Meningkatkan Hasila Belajar matematika Materi Segi Empat Melalui Pendekatan Open Ended Dengan Seting Discovery Pada Siswa Kelas VII E SMP 4 Gresik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 10 (2) : 1-16

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (Higher Order Thingking Skills) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Prisma Prosiding seminar Nasional Matematika. 171

Fitriah, Z., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Hots Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 915–928.

Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3287–3295.

Husain, I., Ismail, Y., & Katili, N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Bangun Ruang Sederhana. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 30–37.

Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 4(1), 49–55.

Kadir. (2019). Pembelajaran Matematika Dalam Era Revolusi Indsustri 4.0. Kendari.49-50

Krisdiana, I., Ismarisa, A., & Fachmi, R. F. N. (2022). Pelatihan Pembuatan Branding Pada Usaha Krupuk Puli “Sopo Nyono” Ngepeh Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas PHB Vol, 5(4).

Nindriyati, D. (2022). Hubungan Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Instruksional. 3(2) :187-196

Patingki, A., Mohidin, A. D., & Resmawan, R. (2022). Hubungan Gaya Kognitif Siswa Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 70–80.

Rosalina, V. A., Gembong, S., & Maharani, S. (2022, August). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah deret geometri berdasarkan gaya belajar siswa. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 257-266).

Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 29–35.

Suna, R., Mohidin, A. D., Katili, N., Abdullah, A. W., & Majid, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(2), 43–51.

Susilo, Herawati., Husnul C.., & Yuyun D., S. ( 2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing

Une, D. F., Hulukati, E., Ismail, Y., Abdullah, A. W., & Usman, K. (2022). Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Kemampuan Kognitif Matematika Pada Materi Lingkaran di SMP Negeri 2 Limboto. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 54–60.


Article Metrics

Abstract has been read : 183 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats