Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 72 Kota Pagar Alam

Nur Billah Rizky Wulandiah, Rohana Rohana, Imelda Ratih Ayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar pelajaran IPA siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran group investigation berbasis proyek dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konversional pada siswa kelas V SD Negeri 72 Kota Pagar Alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas V.1 dengan jumlah 30 siswa dan kelas V.2 dengan jumlah 30 siswa. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran group investigation berbasis proyek dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konversional pada siswa kelas V SD Negeri 72 Kota Pagar Alam. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung lebih dari ttabel yaitu 3,258 > 2,002 dengan perolehan rata-rata hasil belajar IPA lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian model pembelajaran group investigation berbasis proyek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 72 Kota Pagar Alam.


Keywords


Hasil Belajar; group investigation berbasis proyek

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. (2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2013). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Ni Pt. Yusi, I Wyn. Darsana & I Kt. Ardana. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berdasarkan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Mengwi. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Wisnawa, I Dewa Gede Raka , Ndara Tanggu Renda & I Wayan Widiana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 6, Nomor 3.

Wisudawati dan Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 215 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats