Eksistensi Layanan Bimbingan Konseling di Masa Pandemi COVID-19

Najmy Hanifah, Eni Fariyatul Fahyuni

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui tentang eksistensi layanan bimbingan dan konseling selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini berfokus pada bagaimana guru BK  dalam  menangani  peserta  didik  dalam  penyesuaian  diri,  penanaman  pendidikan karakter  islami,  dan  bimbingan  apa  saja  yang  disediakan  selama  masa  pademi  COVID-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa penting  guru BK dalam memberikan layanan  bimbingan  dan  konseling  terhadap  peserta  didik  pada  masa  pandemi.  Peneliti menggunakan sampel empat sekolah di Sidoarjo yang terdiri dari dua SMA dan dua SMP, dengan banyaknya responden 36 peserta didik dan di antarannya ada 6 peserta didik yang melakukan  survey  secara  langsung  dengan  peneliti.    Kesimpulan  pada  penelitian  ini adalah, peserta didik membutuhkan layanan konseling online, apalagi dalam bidang minat dan  bakat,  dan  peran  guru  bimbingan  dan  konseling  pada  masa  sekarang  sangatlah penting.

Abstrac: The study was conducted to find out about the existence of guidance and counseling services during the COVID-19 pandemic. This study focuses on how BK teachers deal with students in adjusting, planting Islamic character education, and what guidance is provided during the COVID-19 pandemic. This research uses quantitative research with survey method. This study was conducted to find out how important BK teachers are in providing guidance and counseling services to students during the pandemic. The researcher used a sample of four schools in Sidoarjo which consisted of two high schools and two junior high schools, with 36 respondents as a number of students and of them there were 6 students who conducted a direct survey with the researcher. The conclusion of this study is that students need online counseling services, especially in the field of interests and talents, and the role of guidance and counseling teachers at this time is very important.

Keywords


Layanan Bimbingan dan Konseling; Pendidikan Karakter Islami

Full Text:

PDF

References


Agung. (2005). Konsep Pendidikan Karakter Islami; Kajian Epistemologis, 52–70.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta Jakarta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Basuki, K. (2019). Identifikasi Karakteristik Guru BK Yang Disenangi Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. Retrieved

from www.journal.uta45jakarta.ac.id

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020

Erika, N. D. (2020). Survei KPAI: 43 Persen Siswa Keluhkan Kuota Internet untuk Pembelajaran Daring Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Survei KPAI: 43 Persen Siswa Keluhkan Kuota Internet untuk Pembelajaran Daring”, Klik untuk baca: https://nasional.kompas.c.

Fahyuni, E. F., & Romadlon, D. A. (2020). Model Aplikasi Cybercounseling Islami Berbasis Website Meningkatkan Self-Regulated earning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 93–104. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.34225

Firdaus Yusra. (2020). Stres dan Muak dengan Pekerjaan? Waspadai Burnout Syndrom.

Habsy, B. A. (2017). Filosofi Ilmu Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p1-11

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas

Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8.

Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pandemic Learning During The COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. Retrieved from

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan Dan Konseling (tiga). Jakarta: Rajawali Press.

Hindu, U., Gusti, N. I., Sugriwa, B., & Muliani, N. M. (2020). COVID-19 : Perspektif Pendidikan.

Ihsan, D. (2020). Kemendikbud: Program Kuota Gratis Dilanjutkan di 2021.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, (021), 1–20.

Life, M. (2020). Bagaimana Penyebaran Virus Corona Terjadi di Indonesia?

Musdalifah, A. (2021). Media Daring Layanan BK Di Masa Pandemi COVID-19, 6(1).

Noor, M. E., Hardyanto, W., & Wibawanto, H. (2017). Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15572

Prayitno. (2004). Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, departemen Pendidikan Nasional,.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil (1st ed.). Depok: Rajawali Press. PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. (2003a). Indonesia, Undang-Undang Republik 2003, Nomor 20 Tahun Tentang Nasional, Sistem Pendidikan. PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. (2003b). Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology

and Counseling, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-

journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62.

https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

S. T., G. (2012). Effective Group Counseling. Greensboro. https://doi.org/NC: ERIC/CASS.

Septiana Tiyas. (n.d.). Mulai Disalurkan, Ini Yang Jadi Syarat Penerima Bantuan Kuota Gratis Dari Kemendikbud. Https://Lifestyle.Kontan.Co.Id/News/Mulai-Disalurkan-Ini-

Yang-Jadi-Syarat-Penerima-Bantuan-Kuota-Gratis-Dari-

Kemendikbud#:~:Text=Kuota%20internet%20gratis%20akan%20disalurkan,Dari%20pelajar%20hingga%20orang%20tua.

Shihab, N. (2020). Nadiem: Saya Pertaruhkan Kehormatan Saya untuk Pulsa PJJ (Part 3) | Mata Najwa. Indonesia. Retrieved from

https://www.youtube.com/watch?v=BO_3I05vnzs

Suryahadikusumah, A. R., & Sari, K. (2019). Karakteristik Guru BK Millenial Di Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 52–57. https://doi.org/10.30998/teraputik.32125

Susilo, A. T., Purwaningrum, R., & Suryawati, C. T. (2021). Insight Photo Therapy Efektif Meningkatkan Keterampilan Konseling Guru Bimbingan Dan Konseling Di Masa Pandemi COVID-19. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 444–459. https://doi.org/10.26539/teraputik.43551

Syah, R. H. (2020). Dampak COVID-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syaifuddin, Arif M; Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Muatan Lokal di SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN, 7(November), 267–285. Tine,

D. J. D. (2017). Psikologi Keperawatan. Pustaka Baru Press.

WHO. (2020). Covid-19.

wikipedia. (2020). Bimbingan dan Konseling. Retrieved from

https://id.wikipedia.org/wiki/Bimbingan_dan_Konseling

wikipedia. (2021). Keletihan Mental.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Zakiah, N. (2019). Sering Menatap Layar Gadget Terlalu Lama? Ini 7 Efeknya bagi Kesehatan. Retrieved September 1, 2021, from

https://www.idntimes.com/health/fitness/nena-zakiah-1/dampak-kesehatan-menatap-layar-gadget-terlalu-lama/1


Article Metrics

Abstract has been read : 3508 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.