Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Anxiety Academic terhadap Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9041Keywords:
Anxiety Academic, Konseling Kelompok CBT, Thought StoppingAbstract
Kuantitas kelulusan tepat waktu mahasiswa menjadi hal yang penting bagi penilaian akreditasi program studi dan mahasiswa. Salah satu penyebab keterlambatan dalam kelulusan tepat waktu mahasiswa adalah kecemasan akademik terhadap skripsi atau sering disebut dengan anxiety academic. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah membantu mahasiswa untuk mengurangi anxiety academic terhadap skripsi melalui konseling kelompok pendekatan cognitive behaviour therapy teknik thought stopping. Metode dalam penelitian ini adalah pre eksperimen one group pre test post test design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik Thought Stopping mampu mengurangi anxiety acedemic mahasiswa terhadap skripsi dibuktikan dengan hasil uji statistik perhitungan Paired Samples test menunjukkan t-hitung = 13.132 > t-tabel= 2.015.
Downloads
References
Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian ((Ed. Revis). UMM Press.
Atkinson, R. L. ; et al. (2000). Pengantar Psikologi (Edisi 11). Interaksara.
Davis, M. ;et al. (2000). The Relaxation & Stress reduction Workbook (5 ed.). New Harbinger Publication.
Diferiansyah, O. ; T. S. ; R. L. (2016). Gangguan Cemas Menyeluruh. Jurnal Medula Unila, 5(2), 63–68.
Eggen, P. ; K. D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir (Edisi 6). Indeks.
Etiafani, E. A. (2015). Self Regulated Learning dan Kecemasan Akademik pada Siswa SMK. Jurnal Empati, 4(4), 144–149.
Firmantyo, T. ; A. A. (2016). Integritas Akademik dan Kecemasan Akademik dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa. PSIKOHUMANIORA : Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 1–11. DOI: https://doi.org/10.21580/pjpp.v1i1.959
Hidayati, E. ; R. (2015). Efektifitas Terapi Thought Stopping Terhadap Ansietas Klien Dengan HIV/AIDS di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 3(1), 51–56.
James, A. C. ; et al. (2018). Cognitive Behavioural Therapy for Anxiety Disorders in Children and Adolescents. University of Reading. DOI: https://doi.org/10.1002/14651858.CD013162
Jarnawi. (2020). Mengelola Cemas di Tengah Pandemik Corona. At -Taujih Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 60–73. DOI: https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.7216
Kaczkurkin N. Antonia, E. B. F. (2015). Cognitive Behaviour Therapy For Anxiety Disorder : An Update On The Empirical Evidence. Dialogues in Clinical Neuroscience, 17(3). DOI: https://doi.org/10.31887/DCNS.2015.17.3/akaczkurkin
Kodal, A. ; et al. (2018). Long Term Effectiveness Of Cognitive Behaviour Therapy For Youth With Anxiety Disorder. Jurnal of Anxiety Disorder, 58–67. DOI: https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2017.11.003
Marisa, C. E. F. S. U. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1), 25–32. DOI: https://doi.org/10.29210/118700
Nasution, M. L. (2011). Pengaruh Thought-stopping terhadap Tingkat Kecemasan
Keluarga (Caregiver) dengan Anak Usia Sekolah yang Menjalani Kemoterapi di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Universitas Indonesia. Nevid, J. S. (2005). Psikologi Abnormal (Kelima). Erlangga.
Prawitasari, J. E. (2012). Psikologi Terapan Melintas Batas Disiplin Ilmu. Erlangga. Putri, A. P. K. ; A. S. (2020). Manajemen Kecemasan Masyarakat Dalam Mengahadapi Pandemi Covid-19. Academica Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 199–215.
Putro, F. W. (2016). Hubungan Antara Kecemasan Akademik dengan Plagiarisme pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sejati, N. W. : R. P. (2012). Tingkat Kecemasan Sarjana Fresh Graduate Menghadapi Persaingan Kerja dan Meningkatnya Pengangguran Intelektual. INTUISI Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(3), 1–5.
Selvia, F. ; D. Y. P. S. S. (2017). Teknik Cognitive Structuring dan Thought Stopping dalam Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Bulliying Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanti, D. W. ; F. N. R. (2011). Efektifitas Musik Klasik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Siswa Kelas XI. HUMANITAS : Indonesian Psyhological Journal, 8(2), 129–142. DOI: https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i2.460
Sutriyani, L. P. (2020). Penerapan Terapi Thought Stopping Untuk Mengatasi Remaja Pecandu Minuman Keras. Journal of Nursing and Public Health, 8(2), 87–90. DOI: https://doi.org/10.37676/jnph.v8i2.1191
Thahir, A. ; et al. (2018). Cinematherapy and Thought Stopping Tecniques to Reduce Sosial Anxiety. Proceding International Conference of Counseling Education and Psychology.
Ukhtia, F. ; I. F. R. Z. (2016). Hubungan Antara Religiusitas dengan Kecemasan Akademik pada Siswa Madrasah Aliah Negeri. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami, 2(2), 149–160. DOI: https://doi.org/10.19109/psikis.v2i2.1186
Vivin ; dkk. (2019). Kecemasan dan motivasi belajar. Persona : Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240–257. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276
Wilding, C. dan A. M. (2015). Cognitive Behaviour Therapy. Indeks.
Winardi, A. ; U. K. K. ; M. K. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK UPI. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 194–199. DOI: https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3798
Zainiyah, Z. ; E. S. (2020). Anxiety in Pregnant Women During Coronavirus (Covid-19) Pandemic in East Java Indonesia. Majalah Kedokteran Bandung, 52(3), 149–153. DOI: https://doi.org/10.15395/mkb.v52n3.2043
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.