Keefektifan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa

Authors

  • Kristiyaningrum Tri Kusumawide FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Wahyu N. E. Saputra FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Said Alhadi FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Hardi Prasetiawan FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i2.4618

Keywords:

academic procrastination, solution focused brief counselingacademic procrastination, solution focused brief counseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan solution focused brief counseling (SFBC) untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa di kelas khusus olahraga SMP Negeri 2 Galur Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunaan adalah Eskperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design menggunakan model One group pretest posttest design. Penentuan subjek menggunakan teknik non probability sampling design dengan purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas khusus olahraga SMP Negeri 2 Galur Kulon Progo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara tingkat prokrastinasi akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan solution focused brief counseling (SFBC).

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of "solution focused brief counseling (SFBC)" to reduce the behavior of academic procrastination of students in the special sports class at Galur Negeri 2 Kulon Progo. Experiment with Pre-Experimental Design research design using One group pretest posttest design. Subjects are determined by using non probability sampling design with purposive sampling. The subjects of the study were students of the special sport class of JHS Negeri 2 Galur Kulon Progo. Based on the results of the study, it can be concluded that there are significant differences level of student academic procrastination between before and after being given solution services focused brief counseling (SFBC).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ackerman, D. S., & Gross, B. L. (2005). My Instructor Made Me Do It: Task Characteristics Of Procrastination. Journal Of Marketing Education, 27(1), 5–13. DOI: https://doi.org/10.1177/0273475304273842

Baskoro, D. S. B. (2013). Model Solution Focused Brief Group Therapy untuk Perilaku Agresif Remaja (Phd Thesis). University Of Muhammadiyah Malang.

Corey, G. (2015). Theory And Practice Of Counseling And Psychotherapy. Nelson Education.

Ernawati, E., & Sumarwoto, V. D. (2016). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioral Melalui Teknik Shaping untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negerii 2 Barat Kabupaten Magetan. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 41–53. DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.456

Fadila, N. (2015). Penerapan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Prambon. Jurnal BK UNESA, 5(3).

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Fernando, F., & Rahman, I. K. (2016). Konsep Bimbingan dan Konseling Islam Solution Focused Brief Therapy (SFBT) untuk Membantu Menyembuhkan Perilaku Prokrastinasi Mahasiswa. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 215–236. DOI: https://doi.org/10.22373/je.v2i2.818

Fernando, F., & Rahman, I. K. (2018). Efektifitas Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Islami Guna Meningkatkan Regulasi Diri Mahasiswa yang Mengalami Prokrastinasi. Journal Of Innovative Counseling: Theory, Practice, And Research, 2(02), 16–31.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & Mccown, W. G. (1995). Procrastination Research. Procrastination And Task Avoidance (Hlm. 21–46). Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0227-6_2

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Knaus, W. J. (2002). The Procrastination Workbook: Your Personalized Program for Breaking Free From The Patterns That Hold You Back. New Harbinger.

Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 26–31. DOI: https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p026

Oematan, C. S. (2013). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi–Universitas Surabaya. Calyptra, 2(1), 1–7.

Popowiranta, A., Widiastuti, R., & Mahfud, A. (2019). Penggunaan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(2). DOI: https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99

Rusandi, M. A., & Rachman, A. (2014). Efektifitas Konseling Singkat Berfokus Solusi (Solution Focused Brief Therapy) untuk Meningkatkan Self Esteem Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Fkip Unlam Banjarmasin. Al’Ulum, 62(4).

Saputra, W. N. E. (2015). Perbandingan Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Melalui Penerapan Teknik Cognitive Restructuring Dan Cognitive Defusion. Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana UM.

Savithri, J. J. (2014). Interactive Effect Of Academic Procrastination and Academic Performance On Life Satisfaction. International Journal Of Science And Research, 3(3), 377–381.

Senecal, C., Koestner, R., & Vallerand, R. J. (1995). Self-Regulation And Academic Procrastination. The Journal Of Social Psychology, 135(5), 607–619. DOI: https://doi.org/10.1080/00224545.1995.9712234

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal Of Counseling Psychology, 31(4), 503. DOI: https://doi.org/10.1037//0022-0167.31.4.503

Sumarwiyah, S., Zamroni, E., & Hidayati, R. (2015). Solution Focused Brief Counseling (SFBC): Alternatif Pendekatan dalam Konseling Keluarga. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.409

Wiyono, B. D. (2015). Keefektifan Solution-Focused Brief Group Counseling untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 1(1), 29–37.

Yusak, M. (2014). Korelasi Religiusitas dengan Prestasi Akademik. Jurnal Intelegensia, 3(1).

Downloads

Published

2019-11-20

Issue

Section

Articles