PENTINGNYA KONSEP DIRI POSITIF DAN PENGALAMAN MENGIKUTI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MOTIVASI BERPRESTASI

Authors

  • Wisnu Kurniawan
  • Muh Chotim

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.451

Abstract

        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh konsep diri positif terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMPN 1 Kawedanan; (2) pengaruh pengalaman mengikuti bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMPN 1 Kawedanan; (3) pengaruh konsep diri dan pengalaman mengikuti bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMPN 1 Kawedanan Kabupaten Magetan.

       Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post-facto. Populasi penelitian yaitu kelas VIII SMPN 1 Kawedanan dengan jumlah 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling diperoleh sebanyak 55 siswa atau 23% dari jumlah populasi 240 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi dua prediktor.

       Hasil penelitian membuktikan, bahwa : (1) ada pengaruh konsep diri positif terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMPN 1 Kawedanan ; (2) ada pengaruh pengalaman mengikuti bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMPN 1 Kawedanan; (3) ada pengaruh secara simultan konsep diri positif dan pengalaman mengikuti bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMPN 1 Kawedanan Kabupaten Magetan.

       Simpulan, bahwa konsep diri positif dan pengalaman mengikuti bimbingan kelompok, baik secara simultan maupun secara individual (terpisah) dapat dan penting untuk menumbuhkembangkan motivasi berprestasi siswa

 

Kata Kunci : Konsep Diri Positif, Pengalaman Mengikuti Bimbingan Kelompok, dan Motivasi Berprestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dani Vardiansyah. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Indeks: Jakarta.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriati Agustiani. 2009. Psikologi Perkembangan. Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri. Bandung: PT Refika Aditama.

Inge Hutagalung. 2007. Pengembangan Pribadi. Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Renika Cipta.

Tatiek Romlah. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles