STRATEGI MENGAJARKAN NILAI FAIR PLAY PADA PELATIH SEPAKBOLA DI KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.449Abstract
Tidak semua pelatih sepakbola memiliki pemahaman yang memadai tentang fair play, apalagi sampai mengajarkan nilai fair play pada para pemain sepakbola yang dilatihnya. Atas dasar itulah maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk memberikan beberapa cara yang tepat dalam mengajarkan nilai fair play kepada para pelatih sepak bola khususnya yang ada di kota madiun.
Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen, lokasi penelitian dilakukan di kota Madiun melibatkan seluruh klub yang ada di kota Madiun, sampel penelitian adalah para pelatih sepakbola, instrument penelitian menggunakan angket, analisis data menggunakan kuantitatif (uji t) dan kualitatif (interactive model).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pemberian pelatihan fair play sebanyak 16 kali pertemuan yang diawali dengan pembahasan, penghayatan, praktik dan refleksi maka diperoleh suatu hasil bahwa strategi tersebut berhasil dengan efektif, hasil uji t menunjukkan pada pre test dan post test dengan hasil uji Independent sample t test adalah P-Value lebih kecil dari α = 0,04 < 0,05 sedangkan hasil analisis interactive model menunjukkkan bahwa strategi dengan model fair play HIA berjalan efektif.
Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan strategi pengajaran nilai fair play dapat digunakan sebagai strategi dalam mengajarkan fair play.Downloads
References
Joko Pekik Irianto, (2011), Pengantar Rakornis Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Jakarta, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI.
John W.Creswell.(2010),Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta,Edisi 3. Pustaka Pelajar.
Moleong, J.L, (2010), MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung, EdisiRevisi, RemajaRosdaKarya.
Trihendradi.(2011). LangkahMudahMelakukanAnalisisStatistikMenggunakan SPSS 19. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Sugiyono, (2010).MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R&D,Bandung,CetakanKe 10, Alfabeta.
Ton van Klooster, JurRoemers, (2011), A Competency –Based Coach Education in the Netherlands, International Journal of Coaching Science, Vol 5, No 1, hal 71-81.
http://www.bicarabola.com/ 2009/ 08/ 11/ sejarah- kekerasan- dalam sepakbola.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.