PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAY TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 1 BARAT KABUPATEN MAGETAN
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.447Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role play terhadap kecenderungan perilaku agresif siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Bentuk eksperimen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menyampaikan bimbingan kelompok dengan teknik role play untuk mengatasi perilaku agresif pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan yang terindikasi memiliki tingkat kecenderungan perilaku agresif yang tinggi dengan jumlah 34 siswa. Sampel penelitian ini adalah 30% dari siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Kabupaten Magetan yang memiliki kecenderungan perilaku agresif yang tinggi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket yang disusun sendiri oleh peneliti. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-score.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: harga t-hitung (t-score) sebesar 6,885. Untuk mengetahui apakah harga t-hitung sebesar 6,885 tersebut signifikan atau tidak signifikan, maka perlu dikonsultasikan dengan harga t-tabel. Harga t-tabel untuk N = 10 dan derajad bebas (d.b) = 1 pada taraf signifikansi sebesar 5%, diperoleh bilangan 2,228. Dengan demikian maka harga t-hitung lebih besar dibandingkan dengan harga t-tabel (signifikan/TS=5%). Simpulan penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik role play dapat mengurangi kecenderungan perilaku agresif siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan.
Â
Kata Kunci:Â Â Â Bimbingan Kelompok, Teknik Role Play, kecenderungan Perilaku Agresif.Downloads
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Calhoun, E et al,. Model Of Teaching Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Departemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Hadi, S. 2015. Statistik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hanurawan,F. 2010. Psikologi Sosial, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
http://news.liputan6.com/read/2126996/hendak-bantu-temannya-tawuran-pelajar-smp-diciduk-polisi, Diunduh 22 Maret 2015.
http://www.tempo.co/read/news/2013/11/20/064531161/Tawuran-Pelajar-SMP-Satu-Orang-Tewas, Diunduh 22 Maret 2015.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hudaniah & Dayakisni, T. Psikologi Sosial. 2009. Malang: UMM Press.
Kusmawati, N & Sukardi, Dewa K. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurihsan, Achmad J. 2009. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung: Refika Aditama.
Romlah, T. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Siddiqah, L. 2010. Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal Psikolog Universitas Gadjah Mada (Online), Volume 37, No 1, (http://.jurnal.psikologi.ugm.ac.id Diunduh 14 Maret 2015).
Sudjana. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Pertisipatif. Bandung: Fallah Production.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thalib, Syamsul B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.