Konseling individu untuk meningkatkan kepercayaan diri orang tua yang memiliki anak autis

Authors

  • Gangsar Ali Daroni Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Munawir Yusuf Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Abdul Salim Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Gunarhadi Gunarhadi Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Edy Legowo Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i2.2904

Keywords:

konseling individu, percaya diri, orang tua autis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan konseling individu untuk menumbuhkan kepercayaan diri orang tua yang memiliki anak autis di SLB Autis Mitra Ananda Colomadu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mana peneliti menjelaskan dan mendeskripsikan hasil temuan. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua anak autis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan observasi, metode analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konseling individu menggunakan teknik REBT dapat membuat orang tua sadar bahwa anaknya membutuhkan dukungan dari orang tuanya. Karena salah satu keberhasilan terapi untuk anak autis adalah dukungan dari orang tuanya. Dengan teknik logotherapy klien mulai memberikan nilai pada keadaan yang dia punya serta klien sadar akan karunia Tuhan yang diberikan kepadanya, dan dengan teknik humanistik, klien mulai mampu menerima kondisi anaknya. Hal tersebut membuat klien memiliki kepercayaan diri sebagai orang tua yang memiliki anak autis.


The purpose of this study is to know how the process of individual counseling implementation to foster self-confidence of parents who have children with autism in SLB Autis Mitra Ananda Colomadu. This type of research is descriptive qualitative in which the researcher describes and describes the findings. Subjects in this study were parents of children with autism. Data collection techniques using interviews, and observation, data analysis methods used in this study is interactive analysis and data validity using data triangulation method. The results of this study indicate that individual counseling using REBT techniques can make parents aware that their children need support from their parents. Because one of the successes of therapy for children with autism is support from their parents. With the logotherapy technique the client begins to give value to the circumstances that he has as well as the client is conscious of God's gift given to him, and by humanistic techniques, the client begins to be able to accept his child's condition. This makes the client has confidence as parents who have children with autism.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gangsar Ali Daroni, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Mahasiswa di S2 Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Munawir Yusuf, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Dosen di S2 Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Abdul Salim, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Dosen di S2 Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Gunarhadi Gunarhadi, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Dosen di S2 Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Edy Legowo, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Dosen di S2 Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

References

Astuti, D. B. (2015). Layanan Konseling Individu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Diri Dalam Mengarahkan Karir Siswa MAN LAB UIN Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diperoleh dari : http:// digilib.uin-suka.ac.id/.

Danuatmaja, B. (2004). Terapi Anak Autis Dirumah (Jilid II). Jakarta: Puspa Swara.

Farida. (2015). Bimbingan Keluarga Dalam Membantu Anak Autis (Kehebatan Motif Keibuan). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 6(1): 63-88.

Handika, I.W., Putri, & Suarni, N.K. (2014). Penerapan Konseling Rasional Emotif Dengan Formula ABC Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VIII 2 SMP Lavoratorium UNDIKSHA 2013/2014. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 2(1). Diperoleh dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=304202&val=1344&title=PENERAPAN%20KONSELING%20RASIONAL%20EMOTIFDENGAN%20FORMULA%20ABCUNTUK%20MENINGKATKAN%20PERCAYA%20DIRI%20SISWAKELAS%20VIII%202%20SMP%20LABORATORIUM%20UNDIKSHA2013/2014.

Maynawati, A.F.R, & Hidayati, A. (2017). Penyelenggaraan layanan konseling perorangan dengan pendekatan konseling rasional emotif behavior. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 110-116. doi:10.25273/counsellia.v7i2.1867. DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1860

Purnomo, P.M. (2015). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Penderita Autis Di Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diperoleh dari http://eprints.ums.ac.id/34270/1/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.

Rahayu, A.Y. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 6(1): 1-18.

Siniscalco, D., Cirillo, A., Bradstreet, J.J & Antonucci, N. (2013). Epigenetic Findings in Autism: New Perspectives for Therapy. International Journal of Environmental Research and Public Health. 10: 4261-4273. DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph10094261

Sutopo, H.B. (2002). Metodologi Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Triningtyas, D.A. (2013). Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1). doi:10.25273/counsellia.v3i1.239. DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239

Utari, P.A. (2011). Pengaruh Layanan Konseling Individu Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Obesitas Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Singingi. Skripsi. Universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim. Diperoleh dari http://repository.uin-suska.ac.id/530/1/2011_2011890.pdf.

Younis, N.A., Almakanin, H.A., Alkhawaldeh, M.F., & Homidi, M.A. (2016). The Extent of Parents’ of Autism Children Knowledge of Behavior Modification as Perceived by Them. European Journal of Business and Social Sciences. 5(1): 33-39.

Yuwono, J. (2012). Memahami Anak Autis (Kajian Teori dan Empirik). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-11-27

Issue

Section

Articles